Implementasi Flipped Classroom terhadap Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Main Article Content

Ari Septian
Sarah Inayah
Risna Berliana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan menganalisis kemandirian belajar siswa yang menggunakan flipped classroom. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Farmasi dan X TKJ SMK Tunas Harapan Bangsa, yang masing-masing berjumlah 14 dan 18 orang siswa. Proses pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan berupa 4 butir soal kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan flipped classroom secara keseluruhan diperoleh sebesar 76,10% yang artinya pada umumnya siswa menunjukkan mandiri. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional,  serta pada umumnya siswa menunjukkan kemandirian belajar setelah memperoleh pembelajaran flipped classroom.

Article Details

Section
Articles

References

Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104–114. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845
Azizah, I. M. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Tengah Semester Genap. Universitas Pancasakti Tegal.
Banggur, M. D. V. (2020). Blended Learning: Solusi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35792
Fian, K. (2022). Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Pai Program Studi Pendidikan Agama Islam Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Pai.
Fitriani, S. R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Subang, 1.
Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.328
Intan, N. A. R., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan E-Modul BERANI Berbasis Android Pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 374. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4938
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Refika Aditama.
Lo, C. K., Hew, K. F., & Chen, G. (2017). Toward a set of design principles for mathematics flipped classrooms: A synthesis of research in mathematics education. Educational Research Review.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga.
Permana, R. (2020). Peningkatan Self Confidence dalam pembelajaran sebagai dampak penerapan Metode Flipped Classroom. 1(1), 93–101. http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/10137
Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smk Kelas Xi Pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 12. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389
Sari, L. P. (2019). Penerepan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Interaktif Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/9750/1/SKRIPSI FULL.pdf
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249.
Septian, A. (2022). Student’s mathematical connection ability through GeoGebra assisted project-based learning model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323
Septian, A, Inayah, S., & Pelani, J. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97-107. https//doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 2(2), 65–74. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.302
Yuliana, Wijayanti, S., & Yuwono, M. R. (2022). Tantangan Pembelajaran Matematika Mobile Problem Based Learning (mPBL) pada Flipped Classroom untuk Membangun Kemampuan berpikir Kritis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 101–118.