STRATEGI PAKET DESA SEJAHTERA DALAM MEMENANGKAN PILKADA DI KABUPATEN TTU TAHUN 2020

Main Article Content

Frederikus Uskenat
Elpius Kalembang
Dian Festianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemenangan yang dilakukan calon Kepala Daerah Paket DESA SEJAHTERA dalam memenangkan Pilkada 2020 Di  Kabupaten TTU. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan data primer yang berupa hasil wawancara dengan informan penelitian  dan melakukan observasi di lapangan. Hasil dari penelitian ini membahas bahwa strategi Paket Desa Sejahtera dengan berdasarkan empat elemen bauran marketing menurut Firmanzah(2008:203), dalam proses 4p yaitu produk politik, promosi, pricce dan place. Product yang dipaparkan oleh paket Desa Sejahtera berupa visi dan misi, berdasarkan keinginan dan kebutuhan rakyat, tagline Paket Desa Sejahtera yaitu membangun dari desa dengan mengandalkan program pertanian dan peternakan. Paket Desa Sejahtera melalukan promosi kampanye dengan menemui masyarakat di setiap desa kelurahan yang ada di Kab.TTU, Place berdasarkan faktor lingkungan basis yaitu, wilayah TTU ada tiga soap raja yaitu Biboki, Insana dan Miomafo. Biaya yang digunakan Paket Desa Sejahtera cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Paket Desa Sejahtera, sebesar Rp.847.285.000.

Article Details

Section
Articles