Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora</strong> merupakan sarana untuk menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat (PkM). Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Timor dua kali setahun (<strong>Mei</strong> dan <strong>Oktober</strong>) dengan ISSN Online <strong>2961-7901</strong>. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora menerima naskah PkM yang&nbsp;original dalam bidang pendidikan, atau bidang non pendidikan yang dilakukan oleh author dengan basic ilmu pendidikan, atau author dengan basic ilmu non pendidikan namun partisipan atau obyek pengabdiannya dalam bidang pendidikan.</p> en-US aloisiuslokason@unimor.ac.id (Dr. Aloisius L. Son, M.Pd.) elson44@ymail.com (Dr. Aloisius L. Son, M.Pd.) Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan “Puzzle Rumah Penjumlahan” untuk Menunjang Konsep Matematika Dasar bagi Murid Slow Learner di Sekolah Dasar http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5067 <p>The purpose of community service activities (PkM) is to strengthen the basic mathematical concepts of slow-learner students in elementary schools. The method used is a workshop in the form of mentoring. The stages of implementing this community service activity start from planning, implementing, monitoring and evaluating. The partners in this PkM activity were students at SDN Maubeli, Maubeli Village, Kefamenanu City District, North Central Timor Regency. The number of students involved was 15 people consisting of 9 female students and six male students with ages from 8 years to 10 years. There was an increase in basic math skills from the initial test of 18.44 to 50.77 on the final test. The result of this dedication shows that Puzzle Rumah Penjumlahan can be an alternative to help students learn basic mathematics. We recommend that there be research or community service that targets students who are slow in learning mathematics and students who have difficulty or are unable to learn mathematics since elementary school.</p> Yohanis Ndapa Deda, Hermina Disnawati, Maria Biamsasi, Heldigardis Kolo, Merlina Sopbaba, Anastasia N. Ernesta Manbait ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5067 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0000 Bimbingan Teknis Pemanfaatan Open Journal System Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Timor http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5047 <p>Mitra yang diabdi dalam kegiatan pelatihan ini ialah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Timor. Masalah yang dialami saat ini ialah mahasiswa tidak memiliki pengetahuan tentang cara submit artikel jurnal melalui <em>Open Journal System</em>. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai cara submit artikel jurnal melalui <em>Open Journal System</em>. Metode yang dipakai ialah demonstrasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada bulan November 2022 dengan peserta berjumlah 16 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Timor. Hasil menunjukkan pengetahuan mahasiswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test 24.38 % dan post-test 81.25 %. Dengan demikian, peningkatan nilai <em>mean</em> antara pre-test dan post-test menunjukkan bahwa pelatihan <em>Open Journal System</em> dengan metode demonstrasi memiliki pengaruh positif. Manfaat yang diperoleh mitra setelah pelatihan, yaitu: a) mitra memahami tentang OJS dan kegunaannya; b) cara membuat akun OJS; c) ruang lingkup pada laman OJS; dan d) mahasiswa mampu melakukan submit artikel jurnal via OJS.</p> Iswan Afandi, Juanda Juanda, Ferdinandus Siki, Lenny Nofriyani Adam, Metropoly Merlin J. Liubana ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5047 Tue, 31 Oct 2023 14:53:07 +0000 Implementasi Trauma Healing dan Sekolah Alam Pasca Gempa Bagi Anak-anak di Cianjur http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5467 <p>Bencana gempa bumi yang menimpa warga Cianjur, Kabupaten Cianjur mengakibatkan banyak kerugian baik secara fisik maupun non fisik. Kerugian non fisik meliputi adanya trauma yang dimiliki terurtama pada anak-anak. Pasca gempa sebagian dari korban yang selamat dan luka mengalami trauma sehingga terganggu kondisi mentalnya dan psikologisnya. Trauma ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut teralalu lama karena akan berdampak pada konidisi kehidupan anak-anak tersebut. Tujuan pengabdian ini dilakukan memberi dukungan dan pendampingan kepada anak-anak dengan <em>trauma healing </em>dan sekolah alam sebagai wujud tanggap bencana untuk mengurangi gangguan psikologis yang sedang dialami korban gempa bumi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu trauma healing. Sasarannya yaitu siswa dari SDN Giriharja. Adapun hasil kegiatan yang dilakukan yaitu penyembuhan trauma pada anak-anak pasca gempa membutuhkan proses yang berkesinambungan, pendekatan yang kita lakukan dengan cara bermain, bernyanyi, bercerita bersama anak-anak dilokasi pengungsian.</p> Ari Septian, Elsa Komala, Adi Rahadian, Yeni Suryani, Dina Azkia, Eli Siti Karnia ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5467 Wed, 01 Nov 2023 05:26:23 +0000 Pemanfaatan Sumber Belajar yang Variatif: Pelatihan bagi Para Guru di SMP PGRI 2 Ciawi http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5454 <p style="text-align: justify;">Kondisi permasalahan yang dihadapi dalam pengabdian ini antara lain guru kesulitan dalam mencari dan menentukan sumber belajar yang cocok. Meskipun sumber belajar yang variatif tersedia, tidak semua guru memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup untuk memanfaatkannya secara efektif. Guru masih kurang akrab dengan teknologi atau kurang paham tentang cara mengintegrasikan sumber belajar tersebut ke dalam pembelajaran. Tidak semua sumber belajar yang tersedia memiliki kualitas yang sama, sumber belajar yang tersedia di internet mungkin saja tidak relevan atau tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Oleh karena itu diperlukan pelatihan tentang pemanfaatan sumber belajar yang variatif bagi guru. Maka dalam hal ini, tim melakukan <em>sharing knowledge</em> bagi guru dan pembelajaran kepada siswa. Diskusi mencakup prinsip pembelajaran era <em>zaman now</em>, pembelajaran berbasis budaya, menggunakan <em>edmodo</em> dan <em>kahoot</em>. Melalui pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan diperoleh bahwa: 1) Siswa menerima pembelajaran matematika yang menyenangkan; 2) Guru-guru mendapat penambahan ilmu dan wawasan baru mengenai penerapan IT dalam pembelajaran dan bagaimana tetap menekankan pemahaman konsep dengan memanfaatkan benda-benda sekitar siswa/i tersebut; 3) Guru-guru juga bisa menerapkan penggunaan pembelajaran <em>online</em> dengan menggunakan <em>Edmodo</em> dan <em>Kahoot</em>.</p> Santri Chintia Purba, Risma Uly Manalu, Stevi Natalia, Candra Ditasona ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5454 Wed, 01 Nov 2023 06:36:48 +0000 Optimalisasi Pembelajaran Daring Bagi Para Guru Di Yayasan Cawan http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5487 <p style="text-align: justify;">Kondisi pandemic Covid-19 sangat memberikan dampak bagi pembelajaran di sekolah. Baik guru maupun siswa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Salah satu sekolah yang terdampak akibat pandemic Covid-19 adalah sekolah-sekolah dibawah naungan Yayasan Cawan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu para guru dalam mengoptimalkan pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Agustus 2021. Peserta kegiatan berjumlah 53 orang yitu para guru dari TK hingga SMA.Untuk mengetahui keberhasilan program pengabdian masyarakat ini digunakan instrument angket. Data yang diperoleh dari instrument angket akan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data yang diisi oleh 25 responden diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian optimalisasi pembelajaran daring bagi para guru di Yayasan Cawan memiliki kebermanfaatan sangat tinggi atau sangat bermanfaat.</p> Candra Ditasona ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5487 Sat, 04 Nov 2023 03:21:20 +0000 Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SDN 6 Cisande http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5485 <p style="text-align: justify;">Tujuan Kampus Mengajar untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan memberikan peluang dalam meningkatkan kompetensi melalui aktivitas membantu tahapan belajar di sekolah dimana mahasiswa menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, serta mendamipingi pengembangan adaptasi teknologi. Enam mahasiswi yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan melaksanakan program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 6 Cisande Kabupaten Sukabumi. Kegiatannya meliputi aktifitas pra-penugasan, implementasi program kerja, dan akhir penugasan dari 22 Juli 2022 sampai dengan 6 Desember 2022. Hasil capaian program bagi mahasiswa antara lain: (1) Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran terkait literasi di kelas 1-6. (2) Mampu meningkatkan pembelajaran numerasi kepada siswa 1-6. (3) Dapat meningkatkan pengenalan dan penerapan adaptasi teknologi digital dalam pembelajaran siswa di kelas 6. (4) Membantu sekolah dalam penataan perpustakaan. Kehadiran mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan sangat berdampak dalam kemajuan pendidikan, untuk itu perlu kesinambungan dan kelanjutan atas program kerja yang sudah dijalankan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 serta pembelajaran literasi numerasi perlu ditingkatkan lagi oleh guru SDN 6 Cisande.</p> Elsa Komala, Neng Resti, Dina Nurfadila, Alyanissa Putri Iskandar, Noviana Lidya Puspitasari, Zahirotun Nisa, Syahra Andriyany ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5485 Sat, 04 Nov 2023 14:09:52 +0000 Optimalisasi Literasi Emosi Anak-Anak Terdampak Gempa Bumi Cianjur Melalui Pembelajaran Bahasa http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5484 <p style="text-align: justify;">Gempa bumi Cianjur (21 November 2022) telah memberikan dampak luar biasa bagi kondisi emosi para siswa sekolah dasar. Tidak sedikit siswa yang merasa cemas dan tidak mau belajar di tenda sekolah darurat. Merujuk pada situasi tersebut, pendampingan pengajaran bagi siswa sekolah dasar yang direalisasikan melalui kegiatan pembelajaran bahasa berbasis literasi emosi merupakan salah satu solusinya. Kegiatan pendampingan pengajaran tersebut bertujuan untuk memulihkan dan mengoptimalkan kompetensi literasi emosi siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi Cianjur. Kegiatan yang dilaksanakan di SDN Cibulakan dan SDN Giriharja selama 1 bulan, diwujudkan melalui tiga tahapan, yaitu: 1) persiapan pembelajaran bahasa berbasis literasi emosi, 2) implementasi pembelajaran bahasa berbasis literasi emosi, 3) evaluasi pembelajaran bahasa berbasis literasi emosi. Capaian literasi emosi siswa melalui kegiatan pembelajaran bahasa tersebut yang dianalisis berdasarkan hasil observasi serta wawancara terhadap sejumlah siswa menunjukan hasil yang cukup signifikan. Rata-rata 72% dari seluruh jumlah siswa memiliki kondisi mental yang lebih baik dan penguasaan literasi emosional yang lebih optimal setelah mereka berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran bahasa berbasis literasi emosi. Namun, sebanyak 28% dari seluruh siswa masih memerlukan latihan dan bimbingan lanjutan terkait literasi emosi.</p> Vina Nurviyani, Jauhar Helmie, Halimah Halimah, Asep Saepuloh, Elis Homsini Maoluda, Reza Rahman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5484 Sun, 05 Nov 2023 14:24:12 +0000