Analisa Kandungan Mikroplastik pada Organ Ikan Konsumsi dari Rawa Pening

  • dhanang puspita UKSW
  • Pulung Nugroho Teknologi Pangan, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Elisabeth Nadia Kurnia Sena Teknologi Pangan, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: biota, cemaran, ikan, mikroplastik, Rawa Pening.

Abstract

Mikroplastik adalah cemaran dari proses degradasi plastik yang berukuran partikel kurang dari 5mm. Rawa pening adalah salah satu rawa terbesar di Indonesia dan biota air memiliki potensi tercemar mikroplastik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan mikroplastik pada organ ikan konsumsi yang diperoleh dari rawa pening. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan tahapan penelitian; isolasi mikroplastik dan  analisis mikroplastik dengan FITR. Hasil analisis sampel organ ikan ditemukan adanya kandungan mikroplastik dalam bentuk fragment, fiber, film dan foam. Jenis mikroplastik yang ditemukan sebagian besar adalah Polytetrafluoroethylene (PTPE), Polycarbonate, Polymethyl methacrylate (PMMA) dan Polyamaides (Nilon).

Published
2023-04-23
How to Cite
puspita, dhanang, Nugroho, P., & Sena, E. (2023). Analisa Kandungan Mikroplastik pada Organ Ikan Konsumsi dari Rawa Pening. Journal Science of Biodiversity, 4(1), 16-22. https://doi.org/10.32938/jsb/vol4i1pp16-22
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.