HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN MOTIVASIBELAJAR PADA MAHASISWANERS TAHAP AKADEMIK DI STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2021

  • Murni S. D. Simanullang Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Imelda Sirait Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Junita Lumbantobing Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
Keywords: Intensitas Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar

Abstract

Latar Belakang: Intensitas penggunaan smartphone merupakan  kuantitas tingkatan penggunaan smartphone yang diukur dengan frekuensi dan durasi penggunaannya. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai keinginan dalam diri untuk mencapai keberhasilan atau target dan mencapai standar nilai tertentu. Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar pada mahasiswa ners tahap akademik di stikes santa elisabeth medan tahun 2021. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden 202 orang dengan menggunakan teknik simplerandomsampling. Analisa data dengan uji Chi-squareHasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki intensitas penggunaan smarthpone yang rendah (81,2%), dan motivasi belajar tinggi (72,8%). Kesimpulan: Hasil uji chi square  dengan p-value sebesar 0,732 (p>0,05) sehingga disimpulkan bahwa tidak ada hubungan  intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar Mahasiswa Ners Tahap Akademik di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021.

References

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (n.d.). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. 120–128.

Antara, H., Penggunaan, I., Ketergantungan, D. A. N. T., (2018) Sosial, M., Motivasi, D., Siswa, B., Swasta, S. M. A., Azizi, N. U. R., Morawa, T., & Serdang, K. D. (n.d.). Media Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Kabupaten Deli Serdang. 185–200.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dhull, I., & Sakshi. (2017). Online Learning. International Education &Research Journal (IERJ), 3(8), 32–34.

Ekonomi, F., A, J. S. N., & Padang, S. H. (2017). Evaluasi prestasi belajar mahasiswa terhadap perilaku belajar dan motivasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi kota padang provinsi sumatera barat. 5(2), 242–251.

Gardenia Augusta, (2018).Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar. Program Studi Pendidikan
Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sananta Dharma Yogyakarta

Gustilawati, B., Utami, D., & Farich, A. (2020). Tingkat Kecanduan Smartphone Dan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 9(1), 109–115. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.230

Indawati, E., Apriano, R., Studi, P., Keperawatan, S., Abdi, S., Jakarta, N., & Kunci, K. (2018). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara Intensitas penggunaan Smartphone dengan Prestasi akademik (IPK) mahasiswa di STIkes Abdi Nusantara Jakarta. 3, 100–106.

Keperawatan, A., & Manggala, H. (2020). Pendahuluan Tinjauan Teori. 3(2), 10–16.

Masyarakat, K., Usia, A., Di, S., & Banyuurip, S. D. N. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial. 137–145.

Mahasiswa, M. B. (N.D.). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Harbeng Masni 1. 34–45.

Maisari, A., Fahreza, F., & Kristanti, D. (2019). Analisis Penggunaan Smartphone Pada Guru Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di SD NEGERI Gunung Keling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1.

Maryam (2018). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan SmartphoneDenganPembentukanKonsepDiriMahasiswaJurusanKpiFakultasDakwah DanIlmu Komunikasi Institsut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 121.

Manumpil, B.(2015). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi
Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Journal Universitas Sam Ratulangi.
http:/ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/artickel/viewFile/7646/7211/Diakses 23 Desember 2018

Meng, H., Cao, H., Hao, R., Zhou, N., Liang, Y., Wu, L., Jiang, L., Ma, R., Li, B., Deng, L., Lin, Z., Lin, X., & Zhang, J. (2020). Smartphone use motivation and problematic smartphone use in a national representative sample of Chinese adolescents: The mediating roles of smartphone use time for various activities. Journal of Behavioral Addictions,9(1), 163–174. https://doi.org/10.1556/2006.2020.00004

Nurningtyas, F., Ayriza, Y., Psikologi, J., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2021). Acta Psychologia. 3, 14–20.

Nursalam. (2015). Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research : Principles and Methods.http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12

Psikologi, F., & Surabaya, U. (2019). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.8 No.1 (2019). 8(1), 1606–1616.

Pahlawan, F., & Adi, B. (2020). No Title. 2(5), 61–67.

Pelayanan, J., Dan, B., Studi, P., Dan, B., Universitas, F., & Mangkurat, L. (2019). IN 2018 Students Of The Study Program For Course Study. 192–199.

Penelitian, J. H., Kepustakaan, K., & Pendidikan, B. (2020). Jurnal Kependidikan:6(2), 165–175.

Riezky, A. K., Sitompul, A. Z., Pendidikan, D., Fakultas, K., & Universitas, K. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Universitas Abulyatama. 1(2), 79–86.

Rideout, V. Zero to eight. 2013. Electronic media in the lives of infants, toddlers and prescholers. Common Sense Media Research Study.

Sintiya, M. (2019). Sintiya Halisya Pebriani Hubungan Penggunaan Smartphone Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Diii Keperawatan Sintiya Halisya Pebriani Prodi DIII Keperawatan, STIK Siti Khadijah Palembang

Sobon, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106198

Syifa, A. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan perilaku phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6309

Syifa, A., & Ushuluddin, F. (2020). perilaku phubbing Mahasiswa. 10(1), 83–96. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6309

Simatupang Halim (2020). Strategi Belajar Mengajar Abad ke -21

Suwa, A. M., & Halim, A. (2020). Asian Journal of Science Education. 2(1), 18–23. https://doi.org/10.24815/ajse.v2i1.14734

Somban & Mangundap , K. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa The Influence Of Smartphone Uses Towards Learning Motivation.3.

Ustilawati, B., Utami, D., & Farich, A. (2020). Tingkat Kecanduan Smartphone dan SelGf Efficacy dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 11(1), 109–115. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.230

Yuniarti, A. M., Hadi, H., & Adiyanti, M. (2020). Persepsi Metode Pembelajaran Dengan Motivasi Mahasiswa Stikes Majapahit. Medica Majapahit, 6(2), 59–77.
Published
2022-08-31