GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PERILAKU PENCEGAHAN ANEMIA DI PUSKESMAS HALIWEN

  • Yani Kristiani Isu Program Studi Keperawatan, Universitas Timor
  • Maria Paula Marla Nahak Program Studi Keperawatan, Universitas Timor
  • Yusfina Modesta Rua Program Studi Keperawatan, Universitas Timor
Keywords: Pengetahuan ibu hamil, Perilaku pencegahan anemia

Abstract

Anemia pada ibu hamil merupakan masalah global khususnya di negara miskin dan berkembang. Anemia dalam kehamilan dapat meningkatkan risiko morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi. Jika anemia pada ibu hamil tidak ditangani akan berdampak buruk pada ibu maupun janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang perilaku pencegahan anemia di Puskesmas Haliwen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di puskesmas Haliwen pada tanggal 01 Agustus – 11 Agustus 2022. Sampel diambil menggunakan consecutive sampling sejumlah 52 orang di Puskesmas Haliwen. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar pengetahuan ibu hamil baik tentang perilaku pencegahan anemia di puskesmas Haliwen berada pada kategori baik. Diharapkan untuk Puskesmas Haliwen agar mempertahankan apa yang sudah dilakukan, mempertahankan pemeriksaan ANC yang sudah dilakukan, kunjungan posyandu, dan kunjungan rumah untuk ibu-ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan ANC, agar dapat meningkatkan status kesehatan ibu hamil.

References

Astutik, R. Y. & Ertiana, D. (2018). Anemia Dalam Kehamilan. Jember: Pustaka Abadi.

Da, P. E. (2016). Gambaran Karakteristik Ibu Hamil Dengan Anemia Di Puskesmas Godean Ii Sleman (Doctoral dissertation, Kebidanan).

Dewi, H. P. (2021). Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu II Cilacap. Journal of Nutrition College, 10(4), 285

Kapasian, D. R. (2017). Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Bahaya Anemia Pada Masa Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sentani. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu dan Anak, 4(1, Januari), 14-20296.

Nurfatimah, N., Fiarsi, L., Longgupa, L. W., & Ramadhan, K. (2020). Pengetahuan dan Sikap tentang Tanda Bahaya anemia dalam Kehamilan serta Keaktifan Ibu dalam Kelas Ibu Hamil. Jurnal Sehat Mandiri, 15(1), 52-61.

Nurhaidah, N., & Rostinah, R. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Mpunda Kota Bima. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 9(2), 121-129.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, S. (2012). Pendidikan dan perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prawirohardjo, S. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono.

Prawirohardjo, S. (2014). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Nasional. Ed 1. Jakarta: PT: Bina Pustaka. Hal 281-294.

Putri D.S.S., (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Terhadap Kepatuhan Dalam Mengkonsumsi Tablet Fero Sulfat di Wilayah Kerja Puskesmas Sematang Borang Palembang Tahun 2016. Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang.

Sastroasmoro, (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Edisi 3. Jakarta: Sagung Seto.

Siantarini, Krisna, Suratiah, Rahajeng, I.M. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Perilaku Pemenuhan Kebutuhan Zat Besi Pada Ibu Hamil. Community of Publishing in Nursing (COPING). Volume 6, Nomor 1.

Wahyuni, I. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Anemia Dengan Tingkat Kepatuhan Ibu Hamil Meminum Tablet Besi Di Bps Yuni Astuti Bantul Yogyakarta Juli 2009 (Doctoral dissertation, Universitas Alma Ata Yogyakarta).
Published
2023-02-28