POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK PRA SEKOLAH DI DESA SARIMARRIHIT, SIANJUR MULA-MULA TAHUN 2021

  • Lilis Novitarum Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Friska Sri Handayani Ginting Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Andi Novel Limbong Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
Keywords: Pola Asuh, Anak Pra Sekolah

Abstract

Latar Belakang: Pola asuh adalah proses yang diberikan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa.orang tua merupakan gambaran pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum. Tujuan: Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi pola asuh orang tua di Desa Sarimarrihit, Sianjur mula-mula Metode: Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Sarimarrihit, Sianjur mula-mula. Hasil: Pada penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden orang tua di desa Sarimarrihit, Sianjur mula – mula memilih pola asuh demokratis dengan data demografis umur 31-40 tahun sebanyak 8 responden (40%) lebih memilih pola asuh demokratis, jenjang pendidikan mayoritas SMA dan D3 sebanyak 6 responden, pekerjaan orang tua mayoritas sebagai petani sebanyak 12 responden. Kesimpulan: Diharapkan orangtua tetap mempertahankan pola asuh yang baik dalam mengasuh anak dan melakukan modifikasi pola asuh.

References

Adawiah, R. (2017). Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Damayanti, F. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak di kelompok b1 tk kemala bhayangkari 01 pim staf besusu tengah. Pg-Paud, 6(3), 1–13.

Dhahir, D. F. (2017). Parenting Patterns for Children in Accessing Television in Indonesia (Pola Asuh Orang Tua Terhadap Akses Televisi Anak di Indonesia). Journal Pekommas, 2(1), 65. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020107

Halong, K., Balangan, K., Adawiah, R., Program, D., Ppkn, S., & Ulm Banjarmasin, F. (2017). 33 Rabiatul Adawiah, Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). 7(1), 33–48.

Komsi, D. N., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 55. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.21

Mahmudy, A., & Bakhruddin, M. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Surabaya. Tadarus. http://103.114.35.30/index.php/Tadarus/article/view/1631

Mascheroni, G., Ponte, C., & Jorge, A. (2018). DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age. In DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age (Issue Yearbook 2018).

Meity Mulya Susanti1), R. 2). (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Desa Pojok Kecamatan Tawangharjo. 5(1). http://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCS1Kep/article/view/219

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan :Pendekatan Praktis. In Salemba Medika. https://doi.org/10.1007/0-387-36274-6_24

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Pra Sekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Journal Nursing News, 1(1), 31–37. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/410%0D
Published
2023-02-28