PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6 PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 ATAMBUA

  • Helmina Demon Universitas Nusa Cendana
  • Ofirenty Elyada Nubatonis Universitas Nusa Cendana
  • Wara Sabon Dominikus Universitas Nusa Cendana
Keywords: Pengembangn, Perbandingan, Pembelajaran berbasis Android

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk
menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan menggunakan
Software Ispring Suite 6 pada materi Perbandingan untuk Siswa kelas VII SMPN 1 Atambua dan
untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang meliputi aspek
valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research
and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran
berbasis aplikasi android ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation)
dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan,
teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media pembelajaran berbasis aplikasi android yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan
dalam pembelajaran materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua. Hasil
kelayakan media pembelajaran tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata – rata
4,05 dan penilaian ahli media 4,6 sehingga dikategorikan “valid”, respon guru mata pelajaran
dengan rata – rata hasil respon yaitu 4,4 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”, serta hasil
tes peserta didik dan respon peserta didik menggunakan media pembelajaran diperoleh presentasi
kelulusan peserta didik sebesar 83,33% sehingga termasuk dalam kategori “sangat baik”,
sedangkan untuk rata – rata respon peserta didik untuk media pembelajaran ini adalah 4,68
sehingga berdasarkan hasil tes dan respon peserta didik maka media pembelajaran yang
dikembangkan efektif.

Published
2021-12-31