EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM AKTIVITAS MENENUN DI KECAMATAN AMARASI BARAT DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Kefi Yohana Patricia Talan Universitas Nusa Cendana
  • Ofirenty Elyada Nubatonis Universitas Nusa Cendana
  • Wara Sabon Dominikus Universitas Nusa Cendana
Keywords: Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat dalam aktivitas
menenun di kecamatan Amarasi Barat dan mendeskripsikan integrasi matematika dari hasil
eksplorasi etnomatematika pada aktivitas menenun di kecamatan Amarasi Barat. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif eksploratif
dengan desain etnografi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
analisis data model interktif. Analisis data yang dilakukan berdasarkan data teks dan juga data
gambar yang dikumpulkan pada saat observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
disajikan berdasarkan karakteristik etnomatematika. Pada aktivitas menghitung (counting) terdapat
konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang yang terlihat dalam aktivitas menghitung
banyaknya gulungan benang dan juga pada aktivitas menghitung banyaknya helai benang,
aktivitas mengukur (measuring) terdapat konsep satuan tidak baku yang terlihat dalam aktivitas
mengukur panjang dan lebar sebuah kain, aktivitas membandingkan dan menjelaskan (explaining)
terdapat konsep logika matematika yang nampak dalam ungkapkan penenun berkaitan dengan
penentuan harga kain dan juga waktu yang dibutuhkan penenun untuk menghasilkan sebuah kain,
aktivitas merancang (designing) terdapat konsep geometri dan transformasi geometri yang dapat
ditemukan dalam bentuk motif-motif dan juga alat-alat yang digunakan dalam proses menenun

Published
2021-12-31