ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI SMA NURUL FALAH KEFAMENANU

  • Sonya Bossa Salsinha Universitas Timor
  • Stanislaus Amsikan Universitas Timor
  • Meiva Siahaan Universitas Timor
Keywords: analisis kesalahan, prosedur Newman

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan dan faktor
penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret
aritmatika dengan panduan metode prosedur Newman. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi dimana instrumennya adalah tes
dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan
oleh siswa kelas XI MIA SMA Nurul Falah Kefamenanu dalam menyelesaikan soal barisan dan
deret aritmatika menurut prosedur Newman terdiri dari 5 kesalahan yaitu dalam hal penguasaan
linguistik atau kebahasaan, yaitu kesalahan membaca dengan persentase kesalahan 2,35%,
kesalahan pemahaman dengan persentase kesalahan 55,29%, dan dari segi proses
matematisasi yaitu kesalahan transformasi dengan persentase kesalahan 37,68%, kesalahan
keterampilan proses dengan persentase kesalahan 51,78%, dan kesalahan penulisan jawaban
akhir dengan persentase kesalahan sebesar 51,78%. persentase kesalahan sebesar 78,82%.

Published
2021-12-31