ANALISIS PRESUPOSISI DALAM CERPEN “SIKAT GIGI” KARYA DEWI LESTARI

  • Admin Jubindo
  • Ita Meiarni Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
Keywords: presuposisi, cerpen “Sikat Gigi”

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis presuposisi dalam cerpen “Sikat Gigi” karya Dewi Lestari. Penalitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analisis), namun tidak mengabaikan konteks pembicaraan. Sumber data penelitian ini adalah cerpen “Sikat Gigi” karya Dewi Lestari dengan data penelitiannya adalah pernyataan-pernyataan yang mengandung presuposisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 25 data presuposisi. Data tersebut tersebar dalam 6 presuposisi yang terdiri atas 4 data presuposisi eksistensial, 3 data presuposisi faktif, 14 presuposisi leksikal, 1 data presuposisi non-faktif, 2 data presuposisi struktural, dan 1 data presuposisi konterfaktual.

References

Brown, Gillian dan George Yule. (1983). Analisis Wacana (Discourse Analysis) (Terjemahan Soetikno). Jakarta: Gramedia.
Chaer, Abdul. (2010). Kesantuanan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cummings, Louise. (2007). Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emzir. (2010).Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Feoh, Brenda Philipianti dan Ratna Juwitasari Emha. (2022). “Analisis Praanggapan dalam Novel Mantan Rasa Gebetan Karya Titi Sanaria”. Jurnal Piktorial Vol. 4 No. 1 April 2022
Milles, Matthew B dan Michael Huberman. (1985). Qualitative Data Analysis A Sourcebook of Methods. USA: sage publication Ltd.
Mukti U.S., Sam Mukhatar Chaniago, Maidar Arsyad. (2007). Pragmatik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nababan, P.W.J. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Remeja Rusdakarya.
Purba, Antilan. (2002). Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: Usu Press.
Purwaningrum, Prapti Wigati dan Lia Nurmalia. (2019). “Praanggapan pada Dialog Mengenai Kejujuran: Kajian Pragmatik dalam Novel Asal Kau Bahagia Karya Bernard Batubara”. Jurnal Bahastra Vol. 39 No.1 April 2019.
Published
2022-07-13
How to Cite
Jubindo, A., & Meiarni, I. (2022). ANALISIS PRESUPOSISI DALAM CERPEN “SIKAT GIGI” KARYA DEWI LESTARI. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 120-131. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.2879