STRUKTUR BUNYI DALAM TONIS PERPISAHAN PADA MASYARAKAT DAWAN DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

  • Metropoly Merlin J. Liubana Universitas Timor
Keywords: struktur bunyi, asonansi, aliterasi, tonis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas struktur bunyi yang terkandung dalam tonis perpisahan (tuturan lisan) masyarakat Dawan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Struktur yang dibahas berupa bunyi berjenis aliterasi dan asonansi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan data etniik berupa tuturan tonis perpisahan pada masyarakat Dawan di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi, merekam dan mencatat. Teknik menganalisis secara deskriptif dengan mentranskripsikan data lisan menjadi data tulis, menerjemahkan secara bebas, mengidentifikasi, menafsirkan, dan menguraikan secara detail lalu menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya struktur berupa bunyi asonansi atau pengulangan bunyi vokal [a], [e], [i], [o], dan [u]; bunyi aliterasi yang menderetkan pengulangan bunyi konsonan [m], [n], [k], [l], [h], [t], [b], [l], [s]. Pengulangan-pengulangan bunyi dengan deretan vokal dan konsonan tersebut terkontruksi dengan bervariasi, sehingga menimbulkan grafologi huruf yang homogeni serta memiliki rima lengkap dan rima paruh atau rima sebagian dengan posisi di awal, tengah, maupun akhir kata.

References

Danandjaja, James. 2007. Foklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Dewi, Santika. 2014. Mantra Singlar: Struktur, Konteks Penuturan, Proses Penciptaan, dan Fungsi di Desa Sundamekar, Cisitu, Sumedang. Bandung: E-Jurnal Upi Edu https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_Antologi_Ind/article/view/523.

Finnegan, Rut. 1979. Oral Poetry. London: Cambridge University Press.

Fitriyah, Husniyatul. 2018. Asonansi dan Aliterasi Novel Safir Cinta: Dwilogi Perempuan Meniti Cahaya Karya Faradina IZdhihaary: Kajian Stilistika. Bangkalan: Jurnal Sastra Aksara.

Hutomo, Suripan Sadi. 1991. Mutiara Yang Terlupakan Pengantar Studi Sastra Lisan. Hiski: Komisariat Jawa.

Keraf, Goris. 2002. Diksi dan Gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Logita, Embang. 2017. Lrik Lagu-Lagu dalam Pertunjukan Kesenian Terbang Kajian Struktur Bunyi. Jakarta: Wacana Didaktika FKIP Universitas Wiralodra.

Liubana, Metropoly M. J. 2017. Fungsi Folklor dalam Bi Ito Cerita Rakyat Masyarakat Meto di Bila Timor Tengah Selatan. Kupang: Jurnal Bianglala Linguistika Undana Vol. 3 Nomor 2.

Pradopo, R. D. 2012. Pengkajian Puisi. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.

Sariban. 2009. Teori dan Penerapan Penelitian Sastra. Surabaya: Lentera Cendikia Surabaya.

Sudikan, Setya Yuwana. 2001. Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya: Citra Wacana.

Taum, Yosep Yapi. 2011 Studi Sastra Lisan Sejarah, Teori, Metode, pendekatan disertai contoh penerapannya. Yokykarta: Lamalera.

Teja, Bima Aria, dkk. 2017. Kekhasan Bunyi Bahasa dan Bentuk Kata Arkais di dalam Serat Ciptan Saben Esuk Karya R. M Patawiraya dan R. Prawiraharja. Prasasti Journal Of Linguistic Vol. 2, No.1 April 2017. Https://jurnal.uns.ac.id

Published
2020-09-07
How to Cite
Liubana, M. (2020). STRUKTUR BUNYI DALAM TONIS PERPISAHAN PADA MASYARAKAT DAWAN DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 57-71. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.479