IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KARTU INDONESIA PINTAR DALAM UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (SD) INPRES RAAKFAU KECAMATAN KOBALIMA KABUPATEN MALAKA

  • YOVITA LAU PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Keywords: Implementasi Kebijakan, Kartu KIP, Pemerataan Pendidikan

Abstract

 Masalah yang diangkat dalam Penelitian ini adalah “Bagaimanakah implementasi kebijakan Kartu Indonesia Pintar dalam upaya pemerataan pendidikan Sekolah Dasar Inpres Raakfau? Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Kartu Indonesia Pintar dalam upaya pemerataan pendidikan Sekolah Dasar Inpres Raakfau. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data bersifat analisis deskriptif dengan Sumber informen kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa di SD Inpres Raakfau. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SD Inpres Raakfau telah berjalan sesuai dengan pedoman Kartu Indonesia Pintar (KIP) yaitu pihak Implementor dalam hal ini Satuan pendidikan SD Inpres Raakfau melakukan sosialisasi mekanisme penerimaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada para siswa maupun orang tua / wali siswa sebelum penetapan nama-nama penerima bantuan tersebut.  Sumber daya implementor kebijakan Kartu Indonesia Pintar di SD Inpres Raakfau terdiri dari dua yaitu sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya anggaran.

Published
2021-12-31