EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING (DENGAN JARINGAN ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SD NO 2 SULANGAI KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

  • I Nyoman Suargita Ngura Rai University
  • I Made Agus Primajaya
  • Sri Sulandari
Keywords: Effectiveness, Online Learning, Covid-19

Abstract

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid menjelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan sistem pembelajaran daring di masa Covid-19 di SD No 2 Sulangai Kabupaten Badung dan kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem Pembelajaran Daring dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang merujuk pada teori Gibson tentang efektivitas suatu organisasi yang dapat diukur dengan memperhatikan Kejelasan tujuan yang hendak dicapai, Kejelasan strategi pencapain tujuan, Proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, Perencanaan yang matang, Penyusunan program yang tepat, Tersedianya sarana dan prasarana, Sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas penerapan Sistem Pembelajaran Daring dimasa pandemi Covid-19 di SD No 2 telah dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, namun belum optimal, dari segi pengawasan dan pengendalian terhadap pembelajaran daring oleh orang tua serta kemampuan siswa dalam menerima materi melalui aplikasi di HP khusunya kelas 1 dan 2 yang belum terbiasa menggunakan HP.

Published
2021-12-31