PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALAKA

  • Herkulana B Manek Universitas Timor
  • Agustinus L Tiza
  • Stefanus Bekun

Abstract

Dewasa ini pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Pemerintah dijumpai masih banyak kelemahan sehingga belum memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Kenyataan ini ditandai dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan baik langsung maupun tidak langsung sehingga menimbulkan citra  kurang baik terhadap aparatur pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketepatan waktu pelaksanaan pelayanan dan pembagian target masih sangat sedikit, dan masih ada kendala seperti sistem jaringannya terganggu, sering padamnya listrik, dan kehabisan blangko; Waktu pelayanan dalam proses pembuatan atau pencetakan e-KTP sangat lama; Pemberian pelayanan tidak berlaku adil, merata dan membeda-bedakan masyarakat; Kemampuan  petugas dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat masih kurang mahir; dan, tingkat kedisiplinan petugas tidak sesuai waktu yang ditetapkan; Sarana dan fasilitas pendukung pelayanan e-KTP sangat minim dan belum memadai.

Published
2021-12-31