LOGOS, ETHOS DAN PATHOS DALAM ILMU MANAJEMEN PEMASARAN

ILMU MANAJEMEN PEMASARAN

  • Helidorus F Anin Universitas Timor
  • Desmon Redikson Manane Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor
Keywords: Kata kunci: Logos, Ethos, Pathos, Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dimensi logos, ethos dan pathos dalam ilmu manajemen pemasaran. Ketiga dimensi ini mutlak perlu untuk mengonstruksi teori ilmiah yang tahan uji. Adapun pisau analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah filsafat ilmu dengan unsur-unsur metodis, yaitu pada interpretasi, koherensi intern dan deskprisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi logos terkandung dalam evolusi pendefinisian pemasaran sepanjang zaman. Dimensi keilmuan pemasaran akhirnya menemukan modelnya yang tahan uji ketika menjadikan social capital sebagai logos universal sebab bisa digeneralisasi dan didukug oleh fakta yang mengitarinya. Dimensi ethos terdapat dalam upaya untuk menjadikan social capital sebagai core business sehingga memudahkan dalam mengonstruksi skema jaminan kepercayaan dalam jangka panjang dan kekhasan yang menunjukkan citra pelanggan. Dimensi pathos dapat diidentifikasi melaui seni mengidentifikasi nilai, menyediakan nilai dan mengkomunikasikan nilaiyang ditransformasi dari kebutuhan pelanggan.

 

Published
2020-05-20
How to Cite
Anin, H., & Manane, D. (2020). LOGOS, ETHOS DAN PATHOS DALAM ILMU MANAJEMEN PEMASARAN. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.32938/jie.v2i1.550