ANALISIS PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO),NON PERFORMING LOAN (NPL), PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi Kasus Pada PT Bank Mandiri [Persero] Tbk Indonesia)

  • ROMUALDUS EMANUEL TAE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor
  • AQUIDOWARIS MANEK MANEK Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor
Keywords: ROA, BOPO, NPL, Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Pertumbuhan Ekonomi, dan Infasi terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasidan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah PT bank Mandiri (Persero) Tbk Indonesia,  dan sampel yang diteliti sebanyak 31 responden (31 triwulan dari variabel-variabel penelitian) dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah : deskriptif dan inferensial dengan alat analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel BOPO (X1) dan NPL (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA Bank Mandiri; Pertumbuhan Ekonomi (X3), berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA Bank Mandiri; sedangkan Inflasi (X4) berpengaruh posetif dan tidak signifikan terhadap ROA Bank Mandiri. Secara simultan variabel BOPO, NPL, Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi berpengaruh terhadap ROA Bank Mandiri.

Published
2021-01-21
How to Cite
TAE, R., & MANEK, A. M. (2021). ANALISIS PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO),NON PERFORMING LOAN (NPL), PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi Kasus Pada PT Bank Mandiri [Persero] Tbk Indonesia). Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 46-59. https://doi.org/10.32938/jie.v2i4.924