https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/issue/feed RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 2022-07-31T16:36:22+00:00 Yohanis Ndapa Deda yndapadeda@unimor.ac.id Open Journal Systems <p><strong>R A N G E :</strong></p> <p style="text-align: justify; font-size: 12;">Jurnal Pendidikan Matematika dengan <strong>ISSN Online <a href="http://u.lipi.go.id/1561684928">2685-2373</a></strong> adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika UNIMOR yang mempublikasikan naskah ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis&nbsp;dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan melalui proses <em>peer rewiew</em>. Jurnal Range diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.&nbsp;</p> https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2164 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Lingkaran 2022-07-31T16:36:22+00:00 Nopa Deo Pani nopadeopani@student.uir.ac.id Agus Dahlia agus.dahlia@edu.uir.ac.id Sari Herlina sariherlina99@edu.uir.ac.id Leo Adhar Effendi leo.ae@edu.uir.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis <em>Project Based Learning </em>pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII yang kevalidannya telah teruji. Metode pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau R&amp;D engan menggunakan model pengembangannya adalah model ADDIE, yakni meliputi; 1) <em>Analysis </em>(Analisis), 2) <em>Design </em>(Desain), 3) <em>Development </em>(Pengembangan), 4) <em>Implementation </em>(Implementasi) dan 5) <em>Evaluation </em>(Evaluasi). Tetapi dikarenakan situasi pandemi covid-19 model pengembangan ADDIE yang dilakukan hanya tiga tahap saja yaitu ; 1) <em>Analysis </em>(Analisis), 2) <em>Design </em>(Desain), dan 3) <em>Development </em>(Pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrument yang berupa lembar validasi LKPD. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 2 orang dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan 1 orang guru matematika kelas VIII SMPN BINSUS DUMAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dengan kategori sangat valid dengan rata-rata total 85,54%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh lah LKPD berbasis <em>Project Based Learning </em>pada materi lingkaran di kelas VIII yang teruji kevalidannya. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat didiagnosa sebagai perangkat yang valid untuk digunakan di kelas.</p> 2022-07-30T06:12:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2221 Analisis Level Kemampuan Pemahaman Matematis dan Metakognitif Siswa SMP 2022-07-30T12:40:35+00:00 Mohamat Rozali Ramadhan m.rozali.r@gmail.com Hafsah Adha Diana hafsah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan pemahaman matematis dan level metakognitif pada siswa SMP. Pengukuran level kemampuan pemahaman matematis menggunakan soal penilaian harian sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman yang sudah divalidasi oleh dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri Kota Bekasi dengan populasi 1 kelas dengan jumlah 32 siswa, dengan sampel 6 siswa menggunakan kriteria hasil kemampuan pemahaman matematis yaitu istimewa, amat baik, baik, cukup, kurang dan amat kurang. Hasil pada penelitian ini (1) kemampuan pemahaman matematis dari 32 siswa memiliki rata-rata dengan kriteria amat kurang; (2) hanya siswa yang memiliki kriteria istimewa dan amat baik yang memiliki level metakognitif di atas 1, sedangkan kriteria baik sampai amat kurang memiliki metakognitif di level 1; (3) metakognitif bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.</p> 2022-07-30T06:15:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2478 Analisis Kesalahan Siswa Menggunakan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita 2022-07-30T12:40:35+00:00 Patrisius Bauk bauk@gmail.com Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com Justin Eduardo Simarmata justinsimarmata@unimor.ac.id <p>The purpose of this research was to determine the types and factors of errors made by grade VII students of SMP St. Yosef Maubesi in solving story problems on the subject of operations in algebraic forms. The research method used is descriptive qualitative. The research subjects were students of class VII SMP St. Yosef Maubesi. Data collection techniques used are tests, interviews, and documentation. The instruments in this research were the researcher, the test sheet, and the interview guide. Based on the results, it was found that conceptual errors were made by subjects 1, 2, and 3 on the questions being worked on. The cause of the subject making mistakes is that students do not understand the meaning of the question and students do not know the formula used. Procedural errors were made by subjects 1, 2, and 3 on the questions being worked on. The cause of the subject making mistakes is that students are not careful in the work process and technical errors are made by subjects 1, 2, and 3 on the questions being worked on. The causes of the subject making mistakes are: students are in a hurry to write the ending and do not understand the calculation process and students do not re-check the results of their work.</p> 2022-07-30T06:16:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2539 Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Pemecahan Masalah Matematis 2022-07-30T12:40:36+00:00 Rima Dwi Oktaviani rima@gmail.com Tsamrotul Ilmiah tsamrotul@gmail.com Nadirotus Sholihah sholihah@gmail.com Rozita Apriliyani zitaapril2604@gmail.com Imron Fauzi fauzi@gmial.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi <em>photomath </em>sebagai media pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan angket (kuesioner) berupa <em>google form </em>yang terdiri dari soal-soal matematika yang harus diselesaikan dengan menggunakan aplikasi <em>photomath</em> dan beberapa pertanyaan dengan lima pilihan jawaban serta jawaban bebas berupa pendapat dan saran yang diberikan oleh subjek penelitian terkait aplikasi <em>photomath</em>. Sumber data primer yaitu sepuluh orang mahasiswa Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember tepatnya mahasiswa program studi Tadris Matematika angkatan 2019. Sedangkan sumber data sekunder berupa artikel-artikel yang didownload dari hasil indeksi <em>google scholar</em>. Untuk tahapan penelitian yang dilakukan antara lain (1) menentukan subjek penelitian yang telah menggunakan aplikasi <em>photomath</em>, (2) menyebarkan dua jenis angket pada subjek penelitian yang tediri dari angket soal dan angket kepuasan penggunaan aplikasi <em>photomath</em>, (3) mengidentifikasi jawaban angket dari subjek penelitian, dan (4) penyajian data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan manfaat aplikasi <em>photomath</em> sebagai media pemecahan matematis ditinjau dari fitur, kinerja pada aplikasi <em>photomath</em>. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi <em>photomath</em> memiliki manfaat bagi penggunanya, baik dari segi fitur maupun kinerjanya.</p> 2022-07-30T06:17:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2664 Analisis Kebutuhan E-LKM Kalkulus Integral Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis 2022-07-30T12:40:36+00:00 Hesty Marwani Siregar hesty.marwani@lecturer.unri.ac.id Titi Solfitri titi.solfitri@lecturer.unri.ac.id Syarifah Nur Siregar syarifahnur.siregar@lecturer.unri.ac.id Rini Dian Anggraini rinidian.anggraini@lecturer.unri.ac.id Fitri Aldresti fitri.aldresti@lecturer.unri.ac.id <p>Perubahan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara daring akibat munculnya virus Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring sampai saat ini masih memiliki kekurangan di beberapa hal, seperti pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis yang belum optimal akibat kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan, mahasiswa memerlukan bahan ajar seperti e-LKM yang tidak hanya bisa meningkatkan aktivitas mahasiswa tetapi juga kemampuan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa es kemampuan berpikir kreatif matematis, kuesioner, pengamatan, analisis bahan ajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahsiswa membutuhkan e-LKM yang memuat petunjuk, kegiatan, atau langkah kerja, dapat digunakan secara mandiri dimanapun dan kapanpun, serta dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam belajar sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.</p> 2022-07-30T06:19:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2692 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Matriks di SMAS Warta Bakti Kefamenanu 2022-07-30T12:40:36+00:00 Yovita Nitbani nitbaniyovita1@gmail.com Stanislaus Amsikan stanisamsikan63@gmail.com Kondradus Yohanes Klau kondradyohan.klau@unimor.ac.id <p>Peneltian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan kesalahan serta faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi matriks dengan mengunakan prosedur Newman. Teknik yang digunakan utuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis‚ wawancara dan dokumentasi dimana instrumennya adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPA1 SMAS Katolik Warta Bakti Kefamenanu dalam menyelesaikan sola cerita pada materi matriks menurut prosedur Newman terdiri atas 5 kesalahan yaitu dalam hal pengusaan linguistik atau kebahasaan‚ yaitu kesalahan membaca dengan presentase kesalahan sebesar 18‚18%‚ kesalahan pemahaman dengan presentase kesalahan sebesar 31‚15%‚ dan dari segi proses matematisasi yaitu kesalahan trasformasi dengan resentase kesalahan sebesar 61‚15%‚ kesalahan keterampilan proses dengan presentase kesalahan sebesar 69‚69%‚ dan kesalahan penulisan jawaba akhir dengan presentase keslaahan sebesar 71‚21%.</p> 2022-07-30T06:22:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2872 Eksplorasi Etnomatematika Rokok Kretek Sebagai Budaya Masyarakat Kudus 2022-07-30T12:40:37+00:00 Fithroh Nor Aini 201933249@std.umk.ac.id Yessisca Arum Nirwani Maharani 201933250@std.umk.ac.id Eka Zuliana eka.zuliana@umk.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Rokok kretek adalah penggabungan antara tembakau dan cengkeh yang awal penemuannya digunakan sebagai obat sesak nafas oleh bapak H.Djamhari. Rokok klobot merupakan jenis rokok kretek yang pertama kali dibuat dan dinikmati oleh masyarakat Kudus. Asal mula nama kretek adalah berawal ketika rokok klobot dibakar lalu dihisap menghasilkan bunyi kretek-kretek sehingga dinamakan rokok kretek. Akibat peningkatan kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi tembakau karena kenikmatannya, dimanfaatkan oleh beberapa untuk mendirikan usaha rokok termasuk Nitisemito. Dari sejarah dan perkembangkan rokok di kota Kudus menjadikan rokok kretek sebagai bagian dari suatu budaya masyarakat Kudus, dalam hal ini peneliti mengaitkan kebudayaan lokal dengan aktivitas matematika. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi yakni menggambarkan serta menganalisis perihal peninggalan kebudayaan melewati penelitian lapangan <em>(fieldwork).</em> Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kajian etnomatematika yang ada pada rokok kretek Kudus, selain itu juga untuk mengetahui sejarah perkembangan rokok kretek di Kudus, rokok kretek sebagai budaya masyarakat Kudus, alat alat produksi rokok kretek, kemasan rokok kretek dari masa ke masa dan embos pada cap rokok kretek Kudus</p> 2022-07-30T06:23:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2883 Implementasi Flipped Classroom terhadap Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa 2022-07-30T12:40:37+00:00 Ari Septian ariseptian@unsur.ac.id Sarah Inayah inayahsarah@unsur.ac.id Risna Berliana ariseptian@unsur.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan menganalisis kemandirian belajar siswa yang menggunakan <em>flipped classroom</em>. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Farmasi dan X TKJ SMK Tunas Harapan Bangsa, yang masing-masing berjumlah 14 dan 18 orang siswa. Proses pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan berupa 4 butir soal kemampuan pemahaman matematis pada materi perbandingan trigonometri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan flipped classroom secara keseluruhan diperoleh sebesar 76,10% yang artinya pada umumnya siswa menunjukkan mandiri. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>flipped classroom</em> lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional,&nbsp; serta pada umumnya siswa menunjukkan kemandirian belajar setelah memperoleh pembelajaran <em>flipped classroom</em>.</p> 2022-07-30T06:25:29+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/view/2715 Deskripsi Kemampuan Pembuktian Langsung Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Variabel Riil 2022-07-30T12:40:37+00:00 Fitriani Fitriani fitrian1f4thul@gmail.com Meiva Marthaulina Lestari Siahaan meivamarthaulina@unimor.ac.id <p>Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui gambaran dari kemampuan mahasiswa dalam membuktikan suatu pernyataan matematika pada mahasiswa yang memprogramkan matakuliah analisis variabel riil. Kemampuan pembuktian langsung menjadi kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk lulus pada matakuliah analisis variabel riil. Mahasiswa diberikan instrumen berupa soal pembuktian matematis dengan beberapa alternatif jawaban pembuktian. Jawaban mahasiswa direduksi dengan mengelompokkan jawaban pembuktian langsung yang sejenis.&nbsp; Selanjutnya dipilih mahasiswa untuk diwawancarai berdasarkan perwakilan masing-masing kelompok jawaban tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak mengetahui langkah awal atau pernyataan awal yang digunakan untuk menyusun argumen pembuktian langsung. Namun, ada pula mahasiswa yang sudah dapat menyusun argumen pembuktian dengan baik dan disertai penjelasan untuk setiap argumen yang dituliskan. Hasil penelitian ini juga berguna sebagai bahan refleksi bagi penulis khususnya dalam proses pembelajaran pada matakuliah analisis variable riil.</p> 2022-07-30T12:11:54+00:00 ##submission.copyrightStatement##