HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI KAMPUNG GUNUNG PUTRI RW 10 DESA JAYAGIRI, KECAMATAN LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Ira Octavia Siagian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung
  • Monika Anggelina Tumbol Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung
  • Stephanie Melia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung
Keywords: Identitas Diri; Motivasi Belajar; Remaja

Abstract

Latar Belakang:  Remaja merupakan masa transisi dari fase anak-nak menuju dewasa. Pada masa remaja juga sering mengalami masalah psikosial, yaitu pencarian identitas diri yang menetukan remaja memiliki identitas diri positif atau negatif. Selain masalah psikososial, remaja sering mengalami masalah dalam belajar dalam hal motivasi belajar. Jika remaja kuat atau rendahnya motivasi belajar remaja mempengaruhi hasil belajarnya.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas diri yang dimiliki oleh remaja di Kampung Gunung Putri RW 10, mengetahui motivasi belajar yang dimiliki oleh remaja di Kampung Gunung Putri RW 10 dan hubungan identitias diri dengan motivasi belajar remaja di kampung gunung putri RW 10.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional dengan jumlah responden 91 orang remaja usia 12-18 tahun di Kampung Gunung Putri RW 10 diukur menggunakan kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian ini menggunkan Spearman Rank didaptkan hasil p- value sebesar 0,000 yang menyakan Ha (Hipetesis Alternatif) diterima, dan koefesien korelasi didaptkan hail 0,686 yang artinya identitas diri dengan motivasi belajar memiliki korelasi yang tinggi.

Simpulan-Saran: Saran dari hasil penelitian untuk institusi pendidikan  adalah memberikan konseling dan memfasilitasi kegiatan ekstra kulikuler untuk siswa dan siswi.

References

Setiawan, Armadi. 2014.Statistik Pemuda Indonesia 2014. Jakarta: Badan Statistik Indonesia

Ali, M., & Asrori, M.2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Cetakan ke-6. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rina Kristin, Endah, Florensia Nancy Mere.2010. Jurnal STIKES RS. Baptis. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Prodi Keperawatan S1 Program A Angkatan I Stikes Rs. Baptis Kediri, 3(1).

Nursalam. 2015. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Kamila, Karina Megasari Winahyu, & Wulan Damayanti.2018. Jurnal JKFT. Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Kamila, Karina Megasari Winahyu, & Wulan Damayanti.2018. Jurnal JKFT. Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Rulianti Yusuf, Muhammad Danial, & Muhammada Anwar. 2018. Universitas Negeri Makasar. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sman Se-Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah.

Riyanto Agus. 2017.Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Batubara, Jose RL. 2010. Sari Pediatri Departemen Ilmu Kesehatan Anak RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. Adolescent Development (Perkembangan Remaja), 12(1).

Stuart, G, W. 2013. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

Published
2021-08-15