KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN CARA MENYELESAIKAN MASALAH MANAJEMEN DI RUMAH SAKIT

Keywords: kepemimpinan strategis, manajemen rumah sakit

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan dan sebagai salah satu sub sistem yang memberikan pelayanan kesehatan mencakup pelayanan medik, pelayanan perawatan, rehabilitasi medik dan penunjang medik.

            Tujuan: mengetahui teori kepemimpinan efektif dari gambaran situasi management rumah sakit dengan kemampuan kepemimpinan strategis dalam mengidentifikasi masalah, eknik mempengaruhi dan tahapan menyelesaikan masalah di rumah sakit.

            Simpulan: Berbagai gaya kepemimpinan dapat diterapkan dalam setiap suasana atau iklim kerja yang berbeda. Dalam menghadapi suasana rumah sakit yang menurun kualitasnya serta top manajer yang sulit membuka ruang untuk diskusi, maka gaya otoriter menjadi pilihan terbaik sehingga bisa mengatasi setiap masalah yang dihadapi.

            Saran: Seorang pemimpin sebaiknya mempelajari dengan seksama setiap gaya kepemimpinan yang ada, sehingga jika dihadapkan pada suasa atau iklim kerja tertentu dapat menggunakan jenis gaya kepemimpinan yang sesuai sehingga bisa mengatasi konflik yang ada untuk mencapai tujuan organisasi.

References

Bahadori A et al. (2016) ‘The relationship between nursing leadership and patient satisfaction’, International Journal of Medical Research & Health Sciences, 5(10), pp. 134–141.

Cengiz, A., Eren, E. and Erzengin, E. (2012) ‘Determination of the Relationship Between Leadership Perceptions of Blue Collars and Organizational Outcomes by Using MLQ Analysis’, 41, pp. 196–208. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.04.024.

Jakubik, L. D. et al. (2017) ‘Leadership Series : “ How To ” for Mentoring Mentoring in the Career Continuum Of a Nurse : Clarifying Purpose And Timing Introduction to Mentoring and the Career’, 43(3).

Jones, R. A. P. (2007) Nursing Leadership and Management: Theories Processes and Practice. Philadelphia: E. A. Davis Company.

Whitebead, D. K., Weiss, S. A. and Tappen, R. M. (2015) Essentials of Nursing Leadership and Management. Fifth Edit. Philadelphia: F.A. Davis Company.

Bahadori A et al. (2016) ‘The relationship between nursing leadership and patient satisfaction’, International Journal of Medical Research & Health Sciences, 5(10), pp. 134–141.

Cengiz, A., Eren, E. and Erzengin, E. (2012) ‘Determination of the Relationship Between Leadership Perceptions of Blue Collars and Organizational Outcomes by Using MLQ Analysis’, 41, pp. 196–208. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.04.024.

Jakubik, L. D. et al. (2017) ‘Leadership Series : “ How To ” for Mentoring Mentoring in the Career Continuum Of a Nurse : Clarifying Purpose And Timing Introduction to Mentoring and the Career’, 43(3).

Jones, R. A. P. (2007) Nursing Leadership and Management: Theories Processes and Practice. Philadelphia: E. A. Davis Company.

Whitebead, D. K., Weiss, S. A. and Tappen, R. M. (2015) Essentials of Nursing Leadership and Management. Fifth Edit. Philadelphia: F.A. Davis Company.

Published
2021-08-15