ASUHAN KEPERAWATAN KMB PADA Tn. M.P dan Tn. A.L YANG MENGALAMI HIPERTENSI DENGAN NYERI KEPALA AKUT DI RSUD Mgr. GABRIEL MANEK, SVD ATAMBUA

  • Virgildo Daniel Soares Universitas Timor
  • Djulianus Tes Mau Universitas Timor
  • Yusfina Modesta Rua Universitas Timor
  • Elfrida F. Dana Riwoe Rohi Universitas Timor
Keywords: Hipertensi, Nyeri kepala akut

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah Siastolik sedikitnya 140 mmHg atau tekanan diastolik sedikitnya 90 mmHg secara umum hipertensi lebih dikenal dengan darah tinggi adalah Suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang mengakibatkan angka kesakitan

Tujuan:  melaksanakan asuhan keperawatan pada klien hipertensi dengan nyeri kepala akut di Rumah Sakit Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua.

Metode: studi kasus yaitu studi yang mengeksplorasi memiliki penambilan data yang mendalam dan menyatakan berbagai sumber informasi.

Hasil:  Berdasarkan data yang diperoleh dari kedua klien yang dilakukan selama 3 x 24 jam didapatkan hasil nyeri kepala berkurang.

Kesimpulan: asuhan keperawatan pada Tn. M.P dan Tn. A.L dengan salah satu klien yang menderita hipertensi telah mengembangkan pola piker ilmiah dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yang terdiri dari Pengkajian, Diagnosa Keperawatan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi serta memperoleh pengalaman nyata dalam merawat pasien hipertensi dengan nyeri kepala akut

References

A. Price, Sylvia. (2006). Patofisiologi, konsep klinis proses-proses penyakit. Jakarta : EGC

Aspiani, Yuli Reni &PartianiWuri. 2014. AsuhanKeperawatan Klien Dengan Gangguan Kardiovaskuler Aplikasi NIC & NOC.Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran :EGC

Bare & Smelter. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medical Bedah Brunner & Sudart (Alih bahasa Agung Waluyo). Edisi 8 vol.3.Jakarta :EGC

Baso, Florida, Pius A. L. Berek, and Elfrida Dana F. Riwoerohi. 2019. “DESCRIPTION OF LIFESTYLE HYPERTENSION PATIENTS AT HEALTH CENTRE OF SOUTH ATAMBUA.” Jurnal Sahabat Keperawatan 2: 51–60. https://jurnal.unimor.ac.id/JSK/article/view/252/110.

Berek, Pius A. L. 2010. “Efektifitas Slow Deep Breathing Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Primer Di Atambua Nusa Tenggara Timur: A Randomized Clinical Trial.” Perpustakaan Universitas Indonesia, 1–215. http://lib.ui.ac.id/detail?id=20282511&lokasi=lokal#parentHorizontalTab2.

Berek, Pius A. L., Elly Nurachmah, and Dewi Gayatri. 2015. “Effectiveness Of Slow Deep Breathing On Decreasing Blood Pressure In Primary Hypertension : A Randomized Contrrolled Trial Of Patients In Atambua , East Nusa Tenggara.” International Journal of Science and Technology 1 (2): 1–14. http://grdspublishing.org/MATTER/matter.html.

Berek, Pius A L. 2018. “Pengaruh Slow Deep Breathing Dan Pengaturan Natrium Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Primer.” Prosiding Sintesa LP2M UNDHIRA BALI 2 November (November): 499–508.

Doengoes, dkk.1999. Rencana Asuhan Keperawatan: Pedoman Untuk Perencanan Dan Pendokumentasian Perawatan Pasien. Jakarta : EGC

Handayani, Dwi Sri., Et All. 2014. Analisis Karakteristik Dan Kejadian Drug Related Problems Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Temindung Samarinda. Journal Sains Dan Kesehatan. Volume 1 Nomor 2.

Herawati, Isnaini& Wahyuni.2016 Manfaat Latihan Pengaturan Pernafasan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer. Program Study Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Muhamadiyah Surakarta.

Mubarak, WahitIqbal, Dkk. 2015. Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakatra: Salemba Medika

Muttaqin, Arif. 2012. Pengantar Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler Dan Hematologi.Jakarta. Salemba Medika.

Nursalam. 2008. Proses Dan Dokumentasi Keperawatan Konsep Dan Praktik Edisi 2. Jakarta: SalembaMedika.

Published
2021-08-15