“HUBUNGAN ANTARA UMUR, KADAR GLUKOHEMOGLOBIN DAN INCOME DENGAN COST PENGOBATAN: a Path Analysis”

Keywords: path analysis, korelasi, koefesien jalur

Abstract

Latar Belakang:   Path analysis ialah suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang tejadi pada regresi berganda jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel tergantung tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung. Sulitnya pemahaman mengenai jenis analisis inilah yang melatarbelakangi penulis menyajikan sebuah model contoh kasus menggunakan analis jalur.

Tujuan:    tujuan dari penulisan ini adalah untuk memperkenalkan tahapan analisis jalur, model dan prosedur penghitungan berdasarkan contoh kasus “Hubungan antara umur, kadar glukohemoglobin dan income dengan cost pengobatan”.

Metode:  Studi literatur dan analisis kasus menggunakan path analysis

Hasil:    Dari ketiga variabel independen yang ada, semuanya dapat membentuk jalur yang mempengaruhi variabel dependen dalam hal ini cost treatmen. Data yang disajikan tidak menunjukkan normalitas data sehingga ujia dilakukan dengan non parametrik, dengan cara melakukan transform sehingga mendekati kenormalan dan memenuhi syarat untuk dilakukan analisis selanjutnya. Koefisien jalur diatas diperoleh informasi semua koefisien dari X1 ke Y1, X2 ke Y1, X3 ke Y1, semuanya bermakna (p<0,05). Artinya Umur (X1), kadar glukoshemoglobin (X2), income (X3) mempunyai pengaruh positif terhadapberat cost treatmen (Y1).

            Kesimpulan:  Berdasarkan hasil analisis jalur ini, kita dapat mengetahui bahwa konstruk atau variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap variabel dependen (cost treatment) adalah kada glukoshemoglobin yaitu sebesar 46,9%.

References

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Sarwono, Jonathan. 2011. “Get to Know the Path of Analysis: History, Understanding, and Application.” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis 11 (2): 285–96.

Sitepu, N & Sukardinah. (1992). Koefisien Jalur dan Pengujiannya. Proceding Seminar Akademik FMIPA, UNPAD Jatinangor

Susilo, W. H, Kusumaningsih, C. I, & Xaveriani, M. (2015). Riset Kuantitatif dan Aplikasi Pada Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: TIM

Yahya, F. F, Dencik, A. B, & Antoni, D (2018). Statistik. Depok: PT RajaGranfindo Persada

Published
2021-08-15