GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SEKOLAH PG-TK HOLY KIDS MEDAN

Authors

  • Livoine Bernadeth Siringoringo Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Jagentar P. Pane Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Friska Sri Handayani Br. Ginting Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/jsk.v4i02.3224

Keywords:

Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia 4-6 Tahun

Abstract

Latar Belakang: Anak memerlukan perhatian khusus untuk optimalisasi tumbuh kembang terutama perkembangan motorik kasar. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmani melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Pengendalan tersebut berdasar dari perkembangan refleksi dan kegiatan masa yang ada pada waktu lahir. Tujuan: untuk mengetahui gambaran perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun Sekolah PG-TK Holy Kids Medan tahun 2021. Metode: Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling, responden sebanyak 67 orang. Hasil: penelitian menunjukkan Gambaran Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun Sekolah PG-TK Holy Kids Medan tahun 2021 mayoritas berada dalam kategori tinggi. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik kasar pada anak Sekolah PG-TK Holy Kids Medan tahun 2021 di  kategorikan  baik. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi motivasi bagi perkembangan motorik kasar pada anak Sekolah PG-TK Holy Kids Medan tahun 2021 guna menunjang kualitas perkembangan anak sesuai dengan harapan.

References

Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddkler. 2(1).

Apriliani. (2020). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178–190. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V3i2.26680

At-Taqwa, T. K. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. V(2), 65–73.

Diana, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. (Di Paud Harapan Bunda Surabaya). J-Hestech (Journal Of Health Educational Science And Technology), 2(1), 51. Https://Doi.Org/10.25139/Htc.V2i1.1660

Febrialismanto. (2017). Gambaran Motorik Kasar Anak Usia -5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kecaatan Bangkinang Kabupaten Kampar Ropinsi Riau. 5(2), 1–14.

Hidayat, A., & Darma, U. B. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. 2(September), 21–29.

Ita Paramita, D. (2021). Hubunggan Antara Riwayat Stimulasi Motorik Kasr Dengan Emosi Anak. 10(1), 48–53.

Merita, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. In Jurnal Abdimas Kesehatan (Jak) (Vol. 1, Issue 2). Https://Doi.Org/10.36565/Jak.V1i2.29

Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan Modifikasi Untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 38–50. Https://Doi.Org/10.35568/Earlychildhood.V1i2.119

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.

Nursalam. (2020). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 3). Salemba Medika.

Polit And Beck. (2012). Nursing Research Principles And Methods.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research : Principles And Methods Seventh Edition (7th Ed.).

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. 10(2), 242–249. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.162

Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2019). Dukungan Orang Tua Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 5-7 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 172. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.298

Additional Files

Published

2022-08-31