GAMBARAN PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH DALAM JAJAN SEMBARANGAN DI DESA KUTA GUGUNG KEC. NAMAN TERAN KAB. KARO SUMATERA UTARA TAHUN 2021

  • Apri Yuliana Br. Purba Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Imelda Derang Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Friska S. H. Ginting Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Ance M Siallagan Program Studi Keperawatan, Stikes Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
Keywords: Perilaku Anak Usia Sekolah dan Status Nutrisi

Abstract

Latar Belakang: Anak usia sekolah adalah golongan anak yang berusia antara 7-12 tahun, dan  masa tenang atau masa latent, yang merupakan suatu proses pematangan karakteristik fisik, sosial, serta psikologis semakin mandiri saat berpartisipasi dalam aktivitas diluar rumah, terutama di sekolah. Jajanan adalah makanan dan minuman yang dipersiapkan atau dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan dan di tempat-tempat umum yang langsung dikonsumsi tanpa pengolahan atau persiapan lebih lanjut. Tujuan: Untuk mengetahuai Gambaran Perilaku Anak Usia SekolahDalam Jajan Sembarangan Di Desa Kuta Gugung Kec. Naman Teran Kab. Karo Sumatera Utara. Metode: Jenis Penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel 65 responden. Hasil: Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa perilaku positif sebanyak 14 orang, dan  perilaku negatif sebanyak 51 orang. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa masih lebih banyak anak usia sekolah yang memilih jajanan untuk mereka konsumsi. Diharapkan kepada  anak usia sekolah agar  mengurangi perilaku yang tidak baik dalam memilih jajanan yang akan mereka konsumsi.

References

Aman, Y., Sd, D. I., & Palembang, M. (2020). 1 , 2 , 3. 2(2), 1–8.

Anwar, K. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap PKU Muhammadiah Bantul Yogyakarta (Vol. 1, Issue 1).

Di, D. A. N., Banguntapan, S. D., & Triyanti, N. (2011). Perilaku jajan anak usia sekolah dasar kelas skripsi disusun oleh : program studi ilmu keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ` Aisyiyah Yogyakarta.

Dina Novita , Amirullah, R. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1), 22–30.

Dyna, F., Putri, V. D., & Indrawati, D. (2018). Hubungan Perilaku Komsumsi Jajanan Pada Pedagang. 3(3), 524–530.

Fahleni, R., & Tahlil, T. (2016). Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan pada Anak Usia Sekolah di Aceh Besar. JIM FKep, I(1), 1–6.

Handriana Gustin .J. (2020). Chmk health journal volume 4 nomor 1, januari 2020. 4(April), 0–7.

Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Heri, F., Saichudin, & Merawati, D. (2018). Gambaran Perilaku Jajan dan Aktivitas Fisik Pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Jurnal Sport Science, 6(2), 1–14. https://id.wiktionary.org/wiki/perilaku

Kiki, F., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Journal Nursing News, XI(1), 31–37.

Lasmini, Febry, F. dan, & Destriatania, S. (2013). Perilaku Anak dalam Memilih Makanan Jajanan di SD Negeri 23 Palembang. 4(2), 174–186.

Lonto, J. S. (2019). hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku jajan anak usia sekolah ( 9-12 tahun ) di SD gmim sendangan sonder. 7, 1–7.
Maiti, & Bidinger. (2020). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Manalu, H. S. P., & Suudi, A. (2017). Kajian Implementasi Pembinaan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk Meningkatkan Keamanan Pangan: Peran Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 26(4), 249–256. https://doi.org/10.22435/mpk.v26i4.5734.249-256

Marianthi, D., Alamsyah, T., & Hayati, W. (2020). Pada Anak Usia Sekolah ( Health education with playing techniques to shape the behavior of healthy snacks to children in school ). 2020(November), 147–155.

Nugroho, M. B. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Siswa Memilih Jajanan Sehat di SD Negeri Jatiwaringin X Kota Bekasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research : Principles and Methods Seventh Edition.

Polit, F. D., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research: Principles and Methods.

Rendah, K., Kelas, D. A. N., Yang, M., & Baik, L. (2021). Perbedaan perilaku makan pada anak usia sekolah dasar. XV.

Santoso, A., Devi, M., & Kurniawan, A. (2018). Peningkatan Pengetahuan Siswa Mengenai Jajanan Sehat Menggunakan Media Minicard. Preventia : The Indonesian Journal of Public Health, 3(2), 153. https://doi.org/10.17977/um044v3i2p153-163

Syam, A., Indriasari, R., & Ibnu, I. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kwartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. 1, 127–136

Tahun, K. B. (2020). Abstrak. 1(3), 284–293.
Published
2022-08-31