PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PEMAHAMAN TEKS PROSEDUR PADA SISWA SMK NEGERI 1 KEFAMENANU

  • Yustina Tuti Samul Universitas Timor
  • Metropoly M.J Liubana Universitas Timor
  • Rince Jalla Wabang Universitas Timor
Keywords: Media pembelajaran, audiovisual, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Pemahaman Teks Prosedur Pada Siswa SMK Negeri 1 Kefamenanu Kelas XI”. Media pengajaran merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakan dalam rangka mensukseskan program belajar siswa, agar dapat tercapai perubahan tingkah laku yang diharapkan. Konsekuensinya, guru hendaknya memiliki peran dalam memilih media yang tepat dan melakukan pemilihan itu berdasarkan teknik dan langkah-langkah yang benar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi, objek dalam penelitian ini sebanyak 60 dibagi menjadi 30 siswa di kelas ekperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman teks prosedur ditafsikan cukup efektif, dengan uji skor N-Gain persen rata-rata 57,26% berdasarkan tafsiran skor N-Gain persen berada di 56-75 maka dapat dikatakan (cukup efektif). Sedangkan pada kelas kontrol skor N-Gain persen dengan rata-rata hanya 45,52% berdasarkan tafsiran skor N-Gain persen berada di antara 40-55 maka dapat dikatakan (kurang efektif). Kesimpulan, bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap pemahaman teks prosedur pada siswa SMK Negeri 1 Kefamenanu kelas XI.

Published
2022-07-15