PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI TAEKAS

  • Siliana Taek Universitas Timor
  • E Kristanti Universitas Timor
  • Imaniah Kusuma Rahayu Universitas Timor
Keywords: Kemampuan menulis, Media gambar, Teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan desain yang digunakan adalah quasi experimental design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Peneliti memilih subjek kelas X karena materi yang diambil tentang teks eksposisi hanya terdapat di kelas X. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah pengambilan secara random. Setelah subjek di pilih atau ditentukan oleh peneliti, maka selanjutnya peneliti menempatkan subjek ke dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen secara random. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperiment adalah kelas IIS 2 dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas IIS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes kemampuan menulis dimana tes diberikan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas lilliefors umtuk menguji kenormalan data dan uji homogenitas untuk menguji hipotesis dalam mengetahui hasil akhir penelitian ini. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (7,18) > t tabel (1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolah dan Ha di terima atau p-value (I,95) < α(0,05) berarti Ho di tolak dan Ha di terima. Dalam penelitian yang dilakukan maka dapat dilihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai tertinggi dibandingkan kelas kontrol.

Published
2022-07-15