PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN LINGKARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 BIBOKI UTARA

  • Karolina Harnenotuan Universitas Timor
  • Talisadika Serrisanti Maifa Universitas Timor
  • Cecilia Novianti Salsinha Universitas Timor
Keywords: Papan Lingkaran, Pemahaman Konsep, Uji t

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga papan lingkaran
terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Biboki Utara. Metode penelitian
yang digunakan adalah Quasi Experiment. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas dan uji
hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada kelas kontrol rata-rata nilai yang
diperoleh sebesar 16,74 dengan standar deviasinya 10,583 dan rata-rata nilai kelas eksperimen
sebesar 40,47 dengan standar deviasinya sebesar 18,815. Hasil uji Z diperoleh nilai
sebesar -6,142 dan sebesar 1,671 oleh karena < maka ditolak dan terima
artinya rata-rata pemahaman konsep pada kelas kontrol lebih kecil dari rata-rata pemahaman
konsep kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dikatakan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan lingkaran terhadap pemahaman konsep
siswa.

Published
2021-12-31