Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua

Authors

  • Jose Da Conceicao Verdial Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.203

Keywords:

Kata Kunci: Problematik, Perencanaan pembelajaran.

Abstract

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah baik kota maupun daerah terpencil masih menghadapi berbagai problematik, baik secara internal (diri pendidik dan peserta didik) maupun eksternal, seperti perencanaan pembelajaran. Berdasarkan hal itu, diadakan penelitian dengan judul Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematik perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua, Sumber data berupa aktivitas pendidik dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Data berupa dokumentasi RPP yang disusun oleh pendidik dan wawancara. Data yang telah diperoleh diindetifikasi, diklasifikasi, dan dianalisis berdasarkan rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik yang mengajar pada SMAK Suria Atambua masih terdapat problematik pada perencanaan, berupa: ketidaklengkapan unsur RPP pada identitas, ketidaklengkapan unsur RPP pada materi pembelajaran, ketidaksistematisan unsur RPP pada rincian alokasi waktu, ketidaktepatan unsur RPP pada pemilihan media pembelajaran, dan  ketidaklengkapan unsur RPP pada penilaian hasil belajar.

 

Downloads

Published

2019-09-07

How to Cite

Verdial, J. D. C. (2019). Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 61–70. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.203

Issue

Section

Articles