Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.203Keywords:
Kata Kunci: Problematik, Perencanaan pembelajaran.Abstract
Abstrak
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah baik kota maupun daerah terpencil masih menghadapi berbagai problematik, baik secara internal (diri pendidik dan peserta didik) maupun eksternal, seperti perencanaan pembelajaran. Berdasarkan hal itu, diadakan penelitian dengan judul Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematik perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Suria Atambua, Sumber data berupa aktivitas pendidik dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Data berupa dokumentasi RPP yang disusun oleh pendidik dan wawancara. Data yang telah diperoleh diindetifikasi, diklasifikasi, dan dianalisis berdasarkan rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik yang mengajar pada SMAK Suria Atambua masih terdapat problematik pada perencanaan, berupa: ketidaklengkapan unsur RPP pada identitas, ketidaklengkapan unsur RPP pada materi pembelajaran, ketidaksistematisan unsur RPP pada rincian alokasi waktu, ketidaktepatan unsur RPP pada pemilihan media pembelajaran, dan ketidaklengkapan unsur RPP pada penilaian hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0