Nilai Pendidikan Akhlak pada Novvel Wedding Agreement Karya Eria Chuzaimiah
Keywords:
Moral Education, Sastra, Novel Wedding AgreementAbstract
This study aims to describe and examine the value of moral education in the novel Wedding Agreement. The method used in this research is descriptive qualitative. This novel has the theme of marriage through an arranged marriage. The subject in this research is Moral Education Value, while the object is the Wedding Agreement novel. the results of the analysis found the value of moral education towards God, namely (1) obeying God (belief in God, praying, praying, thanking), (2) being content with His provisions (ikhas), (3) putting your trust in Him (surrendering). . Furthermore, the value of moral education to creatures. The first is the value of moral education to parents, namely (1) saying politely, (2) respecting parents. The two values of moral education to friends are (1) affection, (2) asking how they are. Finally, the value of moral education on the association of the opposite sex, namely (1) avoiding adultery, (2) maintaining aurat.
Keywords: Moral Education, Sastra, Novel Wedding Agreement
References
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Dani, H., & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 240.
Hawa, M. (2017). Teori Sastra. CV Budi Utama Deepublish.
Khakim, A., & Munir, M. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung pada Novel Dalam Mihrab Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1689–1699.
Nata, A. (2019). Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.
Pamungkas, M. I. (2012). Akhlak Muslim Modern (I. Kurniawan (ed.)). Marja.
Salsabila, K., & Firdaus, A. H. (2018). Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 39. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.153
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. Alfabeta.
Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0