Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Quantum pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Malaka Barat
Keywords:
Writing skill, Narrative Essay, Quantum MethodAbstract
Abstract
This study aims to obtain empirical data about learning to write narrative essays in class VII SMP Negeri 1 Malaka Barat with the Quantum learning method. Classroom action research went through two cycles which carried out using the cycle model of Stephen Kemmis. This research was conducted through four stages as follows: planning, implementation, observation and reflection. The results of the study stated that in the first cycle the average score was 61.31, 6 students who finished with a completeness percentage of 31.57% while students who did not complete as many as 13 students with a completeness percentage of 68.42%. While the average value of students in the second cycle is 92.36 of 19 students all completed with a percentage of completeness of 100%. The implications of the results of this study indicate that the application of the Quantum method is very effective and can improve learning achievement in writing narrative texts for students of SMP Negeri 1 Malaka Barat.
Keywords: Writing skill, Narrative Essay, Quantum Method
References
Menggunakan Media Auidovisual dan Metode Quantum
Learning”. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 6 No. 2. (Diunduh dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/607/0 pada tanggal 18 Februari 2021).
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Z dan Chotibuddin M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Yogyakarta: hak cipta.
Dalman. 2011. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DePorter, B. 2010. Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruamg Kelas). Bandung : Kaifa.
Keraf, G. 2010. Argumenrasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Mulyana Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya
Nirwana.2010. Kemampuan Menulis Narasi melalui Model Quantum Teaching Siswa kelas VIII SMP Negri 1 Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onama: Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 4 No. 1. (Diunduh dari https://e-journal.my.id/onoma/article/view/158 pada tanggal 18 Februari 2021).
Nirwana. 2010. Kemampuan menulis Narasi melalui model Quantum Teaching Suhendra, dkk.
2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan Ketera mpilan Menulis Biografi”. Jurnal Pedagogia. Volume 7 Nomor 2, Tahun 2015.(Diunduh dari http://eprints.umm.ac.id/35643/3/jiptummpp-gdl-rintisaufi-49082-3-babii.pdfpada tanggal 20 juni 2021).
Suparno dan Yunus Muhamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas terbuka. Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, N. 2013. Improvement of Student History Learning Competence through Quantum learning Model. Journal of Education and Practice, 4 (14), 55-63. (Diunduh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/viewFile/3261/2313 pada tanggal 21 September 2021).
Tarigan H, 2015. Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung. Widoyoko E, 2012. Teknik nyusunan Instrumen Penelitian. Yokgakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0