Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita dengan Metode Diskusi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun
Keywords:
Scrutinize, discussion method, news textAbstract
Concluding ability of news content is one of basic competences that should be mastered by the students at second grade of national junior high school Fatumfaun. However, based on observation toward students ability in concluding news content is still in low category. It is caused by inappropriate method used by teacher. This research aims at increasing students’ ability in concluding news content by suing discussion method in academic year 2017/2018. Class action research was used in this research by using observation, written test and scrutinize test of read news text in collecting data. Data source in this research is the students at second grade of national junior high school Fatumfaun in academic year 2017/2018. Based on research result, it is found that students’ ability in concluding news content by using discussion method in first cycle, the students get average score about 40.4 while in second cycle about 82.4 that included in very good category.
References
Djuraid, N Husnun. 2009. Panduan Menulis Berita. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan ZainiAswan. 1991.Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Hadisusanto, dkk. 1980. Metode Diskusi. Jakarta: P3G Departemen Pendidikan Kebudayaan.
Hendrikus, Dori Wuwur. 1990. Retorika Terampilan Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, dan Bernegosiasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Johnston, M. 1997. Action Research in a School University Partnership. Chicago: AERA.
Nurgiyantoro, 1987. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPPE.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta, cv.
Tarigan, Hendri Guntur, 1979. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
_______.1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Wardhani, dkk. 2006. Teknik Menulis Karya IlmiahModus 5 UT. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0