Penggunaan Media Tayang Lagu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Banyuputih
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v3i1.287Keywords:
Writing, short story, song presentation mediaAbstract
Short story writing ability is one of basic competences mastered by the students at second grade national junior high school 1 Banyuputih. Based on observation, that ability is still in low category. It was because the teacher does not use learning media. This research aims at increasing stundets aility in short story writing by using song presentation media. Method used in this research was class action research by using observation, interwieew, questionnaire and test in collecting data. Data source was fourty students at second grade national junior high school 1 Banyuputih in academic year 2012/2013. The result shows that in pre cycle, it was found that students’ learning past score is only about 55 %, while in first cycle, it becomes 75 %. Besides, in second cycle, students’ past score increase about 90 %
References
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Diknas 2005. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Diknas
Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Erlangga.
Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.
Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharianto, S. 1982. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.
Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Titik, dkk. 2003. Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: PUSBUK.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0