ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA MAHASISWA DALAM PENYAJIAN MAKALAH DISKUSI KELOMPOK

  • Giri Indra Kharisma Universitas Timor
  • Ita Meiarni Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
Keywords: presuposisi, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan kesalahan berbahasa mahasiswa dalam penyajian makalah diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analisis). Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Prgram Studi Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Jakarta yang bertindak sebagai penyaji makalah dalam diskusi kelompok pada mata kuliah Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan Berbahasa. Data dalam penelitian ini adalah seluruh kalimat-kalimat tidak efektif yang dituturkan oleh penyaji makalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah alat perekam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 45 data kesalahan berbahasa pada penyaji dalam presentasi kelompok tersebut. Kesalahan berbahasa meliputi kesalahan penggunaan kalimat efektif yang meliputi aspek kesepadanan, kesatuan, kesejajaran dan paralelisme, penekanan, kehematan, dan kevariasian. Pada aspek kesepadanan ditemukan 11 kesalahan, aspek kesatuan ditemukan 14 kesalahan, aspek kesejajaran dan paralelisme ditemukan 1 kesalahan, aspek penekanan ditemukan 1 kesalahan, dan aspek kehematan ditemukan 19 kesalahan.

References

Brown, Gillian dan George Yule. (1983). Analisis Wacana (Discourse Analysis) (Terjemahan Soetikno). Jakarta: Gramedia.
Chaer, Abdul. (2010). Kesantuanan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cummings, Louise. (2007). Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emzir. (2010).Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Feoh, Brenda Philipianti dan Ratna Juwitasari Emha. (2022). “Analisis Praanggapan dalam Novel Mantan Rasa Gebetan Karya Titi Sanaria”. Jurnal Piktorial Vol. 4 No. 1 April 2022
Milles, Matthew B dan Michael Huberman. (1985). Qualitative Data Analysis A Sourcebook of Methods. USA: sage publication Ltd.
Mukti U.S., Sam Mukhatar Chaniago, Maidar Arsyad. (2007). Pragmatik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nababan, P.W.J. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Remeja Rusdakarya.
Purba, Antilan. (2002). Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: Usu Press.
Purwaningrum, Prapti Wigati dan Lia Nurmalia. (2019). “Praanggapan pada Dialog Mengenai Kejujuran: Kajian Pragmatik dalam Novel Asal Kau Bahagia Karya Bernard Batubara”. Jurnal Bahastra Vol. 39 No.1 April 2019.
Published
2022-07-13
How to Cite
Kharisma, G., & Meiarni, I. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA MAHASISWA DALAM PENYAJIAN MAKALAH DISKUSI KELOMPOK. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(3), 181-198. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.2880