The Influence of the TGT (Team Game Tournament) Learning Model on the Writing Ability of X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening Students

Authors

  • Dimas Effendi Universitas Nurul Huda
  • Evi Fitriyani Universitas Nurul Huda
  • Pitriyanti Pitriyanti Universitas Nurul Huda
  • Putri Julita Universitas Nurul Huda

Keywords:

Model pembelajaran TGT (teams games tournament), kemampuan menulis,puisi.

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pokok yang wajib dipelajari dan diajarkan di sekolahsekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening yang terdiri dari satu kelas semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t), dengan menggunakan uji-t didapat thitung sebesar 8,67 sedangkan ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 33,33 dan posttest sebesar 3,66. Dari hasil rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa adanya pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening. Kemampuan menulis teks siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 01 Rawabening saat menggunakan pendekatan sebelumnya dengan model pembelajaran TGT (teams games tournament) memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada guru Bahasa Indonesia dan penelitian lain. Guru Bahasa Indonesia diharapkan menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai agar hasil pembelajaran peserta didik maksimal. Model pembelajaran TGT (teams games tournament) dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis teks puisi. Penelitian lain diharapkan mengembangkan penelitian yang sejenis yang melibatkan dua atau lebih sekolah yang berbeda.

References

Elisabet, R. (2021). Pengaruh self efficacy , kapabilitas dan perilaku kerja inovatif terhadap kinerja karyawan unit pengelola kegiatan (upk) mandiri kecamatan rambah samo kabupaten rokan hulu. 03(02), 358–367. Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148/1563 Marlina, E., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF CONCEPT SENTENCE Analysis of Ability Write a Simple Article Using the Cooperative Type Learning Model Concept Sentence. 8(1), 11–20. Naning, P. (2004). Creative Writing: 72 Jurus Seni Mengarang. Balai Pustaka. Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–11. Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT Dian. Rahmawati, I., & Yulianti, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/12095

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Effendi, D., Fitriyani, E., Pitriyanti, P., & Julita, P. (2022). The Influence of the TGT (Team Game Tournament) Learning Model on the Writing Ability of X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening Students. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 52–56. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/3849