The Influence of the TGT (Team Game Tournament) Learning Model on the Writing Ability of X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening Students
Keywords:
Model pembelajaran TGT (teams games tournament), kemampuan menulis,puisi.Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pokok yang wajib dipelajari dan diajarkan di sekolahsekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening yang terdiri dari satu kelas semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah statistik parametris melalui hipotesis (uji-t), dengan menggunakan uji-t didapat thitung sebesar 8,67 sedangkan ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 33,33 dan posttest sebesar 3,66. Dari hasil rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa adanya pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 01 Rawabening. Kemampuan menulis teks siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 01 Rawabening saat menggunakan pendekatan sebelumnya dengan model pembelajaran TGT (teams games tournament) memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada guru Bahasa Indonesia dan penelitian lain. Guru Bahasa Indonesia diharapkan menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai agar hasil pembelajaran peserta didik maksimal. Model pembelajaran TGT (teams games tournament) dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis teks puisi. Penelitian lain diharapkan mengembangkan penelitian yang sejenis yang melibatkan dua atau lebih sekolah yang berbeda.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0