MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Cultivating Cultural Values through the Indonesian Language Learning Model Based on Local Wisdom

Authors

  • Giri Indra Kharisma Universitas Timor
  • Maria Rosalinda Talan Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4305

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kearifan lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bertujuan memaparkan hasil kajian dari berbagai sumber pustaka yang memuat informasi tentang teori pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia, dan kearifan lokal. Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal merupakan model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan untuk mendeskripsikan, menafsirkan, dan merespons budaya lokal. Pembelajaran tersebut diintegrasikan dengan kearifan lokal. Bentuk integrasi tersebut dapat berupa metode, media, strategi maupun materi pembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Teks Types in English 2. National Library of Australia.
Coyle, D. (2007). Content and Language Integrated Learning: Towards a Connected Research Agenda for CLIL Pedagogies. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 10(5), 543-562. DOI: 10.2167/beb459.0
Endraswara, Suwardi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Folklor Konsep, Bentuk, dan Model. Yogyakarta: Pustaka Rumah Suluh.
Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kharisma, G. I., & Rahayu, I. K. (2021). Descriptive-Text Teaching Materials Based On Local Wisdom In The Border Area For Junior High School Students. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v14i1.15019
Moran, Patrick. 2001. Teaching culture: Perspective in practice. Boston : Heinle & Heinle
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2012. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Thomas, Linda dan Shan Wareing. 2007. Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Kharisma, G. I., & Talan, M. R. (2023). MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL: Cultivating Cultural Values through the Indonesian Language Learning Model Based on Local Wisdom. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 61–66. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4305