MENUMBUHKAN NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Cultivating Cultural Values through the Indonesian Language Learning Model Based on Local Wisdom
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4305Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bertujuan memaparkan hasil kajian dari berbagai sumber pustaka yang memuat informasi tentang teori pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia, dan kearifan lokal. Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal merupakan model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan untuk mendeskripsikan, menafsirkan, dan merespons budaya lokal. Pembelajaran tersebut diintegrasikan dengan kearifan lokal. Bentuk integrasi tersebut dapat berupa metode, media, strategi maupun materi pembelajaran Bahasa Indonesia.
References
Coyle, D. (2007). Content and Language Integrated Learning: Towards a Connected Research Agenda for CLIL Pedagogies. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 10(5), 543-562. DOI: 10.2167/beb459.0
Endraswara, Suwardi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Folklor Konsep, Bentuk, dan Model. Yogyakarta: Pustaka Rumah Suluh.
Jenks, Chris. 2013. Culture Studi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kharisma, G. I., & Rahayu, I. K. (2021). Descriptive-Text Teaching Materials Based On Local Wisdom In The Border Area For Junior High School Students. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26858/retorika.v14i1.15019
Moran, Patrick. 2001. Teaching culture: Perspective in practice. Boston : Heinle & Heinle
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2012. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Thomas, Linda dan Shan Wareing. 2007. Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0