SASTRA LISAN BEDEKER DESA SRIGUNA PENYANDINGAN OKI : KAJIAN STILISTIKA

  • Sarini Wulandari Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kajian Stilistika, Sastra Lisan, Bedeker.

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah Bagimanakah bahasa figuratif dan bagimanakah citraan pada sastra lisan Bedeker Desa Sriguna Penyandingan OKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrifsikan kajian stilistika pada sastra lisan Bedeker. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriftif kualitatif dengan menggunakan kajian stilistika. Foks dalam penelitian ini adalah kajian stilistika khususnya pada penggunaan Bahasa figuratif dan citraan yang ada pada sastra lisan Bedeker. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi, rekaman, dan catat melalui keenam informan yang ada di Desa Sriguna Penyandingan OKI. Sehingga mendapatkan lima data Bedeker. Hasil dari penelitian ini pada gaya Bahasa figuratif berjumlah tujuh, diantaranya majas simile, majas mertafora, majas personafikasi, majas alegiri, majas sarkanisme, majas ironi, dan majas hiperbola. Sedangkan citraan yaitu citraan penglihatan, citraan pendengran, citraan gerak, citraan rabaan, dan citraan penciuman.

References

Andi Peramana, Hetilaniar, Juaidah Agustina. (2022). Kajian Stilistika Terhadap Sastra Lisan Tembang Asal Saga Musi Banyuasin. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 1.
Apri Kartikasari, E. S. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan, Jawa Timur: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Endaswara. (2013). Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori,dan aplikasi. Yogyakarta: CAPS ( Canter For Academic Service).
Endraswara, S. (2018). Antripologi Sastra Lisan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Hetilaniar, D. W. (2021). Struktur Sastra Lisan Tembang Naseb Anak Mude dan Tige Serangkai di Desa Ujan Mas Kabupten Muara Enim. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 48.
Maulina Juherni, D. W. (2021). Budaya Masyarakat Besemah dalam Cerita Rakyat KIsah Tiga Pendiri Jagat Bersemah Karya Dan Susilastri (Kajian Antropologi Sastra). KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1.
Nurgiantoro, B. (2017). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. (2020). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Revania Aulia Swandini, Hetilaniar, Liza Murnivianti. (2022). keperibadian tokoh-tokoh dalam novel harapan dari tempat paling jauh karya Inggrid Sonya (kajian psikologi sastra). Jurnal on teacher education, Universitas Pahalawan, 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyati, Dian Nuzulia, Hayatun Nufus. (2021). Analisis Antropologi Sastra Pada Novel Silariang Cinta Yang tak Direstui. PENTAS, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1.
Wicaksono, A. (2014). Catatan Ringkas Stilistika. Bandar Lampung: Garudhawaca.
Yeni Septiani, Dian Nuzulia Armariena, Masnunah. (2020). Stilistika Pantun Dalam Pertunjukan Dambus. LAKOSA, Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Daetah Serta Pengajarannya, 2.
Published
2023-08-30
How to Cite
Wulandari, S., Armariena, D., & Hetilaniar, H. (2023). SASTRA LISAN BEDEKER DESA SRIGUNA PENYANDINGAN OKI : KAJIAN STILISTIKA. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(02), 81-98. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i02.4846