KARAKTERISTIK JENIS TEKS SASTRA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v5i2.527Keywords:
karakteristik, teks sastra, Bahasa Indonesia, SMP, reseptif-tekstualAbstract
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa karakteristik jenis teks sastra yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beberapa jenis teks sastra tersebut meliputi teks deskripsi, teks cerita fantasi, teks puisi rakyat, teks fabel, teks puisi, teks ulasan, teks drama, teks cerita pendek, dan teks cerita inspiratif. Untuk dapat mendeskripsikan karakteristik jenis teks sastra, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan metode ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penjelasan yang memadai sehubungan dengan fakta-fakta empirik yang berkaitan dengan jenis teks sastra yang dibahas. Sumber data utama yang digunakan dalam tulisan ini adalah buku siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII, VIII, dan IX kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melengkapi metode deskriptif kualitatif, maka pendekatan reseptif-tekstual akan dijadikan sebagai pegangan dalam mengeksplorasi dan mengembangkan bahasan karakteristik jenis teks sastra menjadi lebih terarah, fokus, dan komprehensif, sehingga pembaca dapat menangkap pesan yang disampaikan dalam tulisan ini secara optimal.
Kata Kunci: karakteristik, teks sastra, Bahasa Indonesia, SMP, reseptif-tekstual
Abstract
This paper aims to describe some of the characteristics of the types of literary texts contained in Indonesian Language at the Junior High School level. Some types of literary texts include description texts, fantasy story texts, folk poetry texts, fable texts, poetry texts, review texts, drama texts, short story texts, and inspiring story texts. To be able to describe the characteristics of types of literary texts, the method used is descriptive qualitative method. With this method it is expected to be able to provide adequate understanding and explanation in connection with empirical facts relating to the type of literary text discussed. The main data source used in this paper is the Indonesian student textbooks for classes VII, VIII, and IX 2013 curriculum published by the Ministry of Education and Culture. To complete the qualitative descriptive method, the receptive-textual approach will be used as a guide in exploring and developing the discussion of the characteristics of literary text types to be more directed, focused, and comprehensive, so that readers can capture the message conveyed in this paper optimally.
Keywords: characteristics, literary texts, Indonesian, junior high school, receptive-textual
References
Agustina, Eka Sofia. (2017). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013” dalam Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 18 No. 1 April 2017.
Damono, Sapardi Djoko. (2007). “Sastra di Sekolah” dalam Susastra: Jurnal Ilmu Sastra dan Budaya Vol. 3 No. 5 Tahun 2007.
Harsiati, Titik; Agus Trianto; dan E. Kosasih. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hawkes, Terence. (2004). Structuralism and Semiotics. London dan New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Kosasih, E. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurgiyantoro, Burhan (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Taum, Yoseph Yapi. (2017). “Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013” dalam Sintesis: Jurnal Ilmiah Kebudayaan Vol. 11 No. 1 Maret 2017.
Trianto, Agus; Titik Harsiati; dan E. Kosasih. (2018). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IX Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wiyanto, Asul. (2005). Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.
Zabadi, Fairul dan Retno Utami (Penyunting). (2017). Pedoman Bengkel Sastra dan Apresiasi Sastra. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0