INTERNALISASI TEKS CERITA RAKYAT MASYARAKAT TIMOR DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI CERITA RAKYAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA

  • Uman Rejo Universitas Timor
  • Septoriana Maria Nino Universitas Timor
Keywords: Teks cerita rakyat, Masyarakat Timor, Bahan ajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendekatan kontekstual

Abstract

Kajian ilmiah ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mengungkapkan, dan mendeskripsikan potensi teks cerita rakyat masyarakat Timor yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai bahan ajar materi cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA. Sumber data teks cerita rakyat yang digunakan adalah data teks cerita rakyat masyarakat Timor yang digunakan dalam laporan hasil akhir penelitian oleh Imaniah Kusuma Rahayu, Uman Rejo, dan Giri Indra Kharisma berjudul “Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru” (2021). Terdapat 18 data teks cerita rakyat yang digunakan dalam laporan penelitian tersebut. Data-data tersebut bersumber dari cerita rakyat kabupaten Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Belu, dan Malaka. Kesemua data teks cerita rakyat tersebut dijadikan sebagai bahan ajar untuk materi cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil dan bahasan menunjukkan sebagai berikut. Pertama, teks cerita rakyat masyarakat Timor sangat efektif digunakan sebagai bahan ajar karena di dalamnya terkandung identitas lokal yang khas sebagai bentuk upaya merawat dan menjaga praktik tradisi setempat. Kedua, dalam praktiknya di sekolah, guru harus mengontekstualisasikan pemahaman peserta didik untuk memahami kandungan teks cerita rakyat dengan kondisi geografis dan sosial-budaya sumber penciptaan agar tidak melepaskan jati diri produksinya. Ketiga, guru tetap harus dituntut berinovasi dalam menginternalisasi teks cerita rakyat masyarakat Timor ini dalam kegiatan pembelajaran agar peserta didik tidak mudah jenuh, bosan, dan selalu bersemangat dalam belajar.

References

Kharisma, Giri Indra; Imaniah Kusuma Rahayu; dan Uman Rejo. (2020). “Internalisasi Nilai Karakter Islam Pada Siswa Kelas 1 MIN Timor Tengah Utara Melalui Gerakan Literasi Sekolah”. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11 (4), 507—513.
Priyatni, Endah Tri. (2002). Penerapan Konsep dan Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Rahayu, Imaniah Kusuma; Uman Rejo; dan Giri Indra Kharisma. (2022). “Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru”. Jurnal Sastra Indonesia, 11 (1), 35—47.
Rejo, Uman. (2011). “Diskriminasi Kelas dan Gender Terhadap Perempuan Bali dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini”. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 6 (3).
Rejo, Uman. (2013). “Kecemasan Tokoh Utama dalam Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud”. Atavisme: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra, 16 (1), 85—98.
Rejo, Uman. (2014). “Memosisikan Sastra Siber Sebagai Lahan Baru dalam Penelitian Sastra Mutakhir di Indonesia”. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1 (2).
Rejo, Uman. (2017). “Konsep dan Nilai Budaya Jawa dalam Novel Jalan Menikung Karya Umar Kayam”. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 5 (1), 27—36.
Rejo, Uman. (2019). “Beberapa Pendekatan dalam Kritik Sastra Siber (Cyber Literature)”. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) Ke-41: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya di Era Digital. Surakarta: IAIN Surakarta Press.
Rejo, Uman. (2020). “Karakteristik Jenis Teks Sastra dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP”. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2), 72—87.
Rejo, Uman. (2020). “Homosexual In The Development Of Contemporary Indonesian Literature”. E-Prosiding HISKI, 1 (1), 193—206.
Rejo, Uman dan Nurul Baiti Rohmah. (2020). “Author’s Ideology In Short Story Of Anthology In Sumi dan Gambarnya By Ratna Indraswari Ibrahim: Genetic’Structuralism Study”. ISSHE 2020: Proceedings of the First International Seminar Social Science, Humanities, and Education, ISSHE 2020, 25 November 2020, Kendari, Southeast Sulawesi, Indonesia, 399. European Alliance for Innovation.
Rejo, Uman. (2021). “Problematika Pembelajaran Sejarah Sastra di Kampus Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste”. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4 (3), 351—364.
Rejo, Uman. (2021). “Desain Pembelajaran Teori Sastra di Kampus Wilayah Perbatasan NKRI-RDTL Menggunakan Model Project and Problem Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter”. Makalah Seminar Nasional Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) Jawa Timur pada 1 Mei 2021.
Rejo, Uman. (2021). “Sifon, Nain Fatu, dan Humanitas Perempuan dalam Fiksi “Kutukan Perempuan Celaka” Karya Felix K. Nesi”. Makalah Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Timor pada 26—27 Agustus 2021.
Rejo, Uman. (2021). “Pelatihan Penulisan Sastra Kreatif Crita Cekak Berbasis Kearifan Lokal Kebudayaan Jawa”. Makalah Workshop Penulisan Sastra Kreatif di Program Studi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah (FUAD) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada 15 Oktober 2021.
Rejo, Uman dan Nurul Baiti Rohmah. (2021). “Identitas Budaya Timor dalam Antologi Cerpen Menyudahi Kabair Karya Sayyidati Hajar: Kajian Stilistika Kultural”. Widyaparwa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 49 (2), 360—375.
Rohmah, Nurul Baiti. (2017). “Simbol dan Akidah Islam: Analisis Semiotik terhadap Serat Darmasonya Karya KPH Suryaningrat”. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10 (2).
Rohmah, Nurul Baiti dan Uman Rejo. (2020). “Representation Of Traditional Buton Events In Fiction Works By Wa Ode Wulan Ratna: a Study Of New Historicism”. ISSHE 2020: Proceedings of the First International Seminar Social Science, Humanities, and Education, ISSHE 2020, 25 November 2020, Kendari, Southeast Sulawesi, Indonesia, 399. European Alliance for Innovation.
Rohmah, Nurul Baiti. (2021). “Pelatihan Membaca dan Menulis Geguritan Sebagai Bentuk Apresiasi Terhadap Kebudayaan Jawa”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian 2021, 1 (1), 777—781.
Rohmah, Nurul Baiti dan Uman Rejo. (2022). “Pelatihan Penulisan Sastra Kreatif Crita Cekak Berbasis Kearifan Lokal Kebudayaan Jawa Bersama Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam Kampus Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2).
Published
2023-12-31
How to Cite
Rejo, U., & Nino, S. (2023). INTERNALISASI TEKS CERITA RAKYAT MASYARAKAT TIMOR DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI CERITA RAKYAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(03). Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6043