BENTUK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA SISWA SMA MA’ARIF NU MAMBAUL ULUM LAMONGAN

Authors

  • Sholihul Amri Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v8i03.6048

Keywords:

Alih Kode, Campur Kode, Sosiolinguistik, Pemebelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bentuk dan menjelaskan faktor penyebab terjadinya peristiwa alih kode dan campur kode dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Ma’arif NU Mambaul Ulum Pucuk Lamongan. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini diperoleh dari komunikasi siswa dalam pembelajaran diskusi di kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi kegiatan observasi partisipan pasif pada kegiatan diskusi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan cara teknik simak, catat, dan rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya alih kode dan campur kode saat berdiskusi yang meliputi: (a) alih kode intern dan alih kode ekstern, (b) campur kode bahasa, (c) campur kode yang menggunakan unsur penyisip yang berwujud kata dan frasa, dan (d) campur kode ragam. Faktor-faktor alih kode dan campur kode meliputi: (a) identifikasi peranan sosial, (b) identifikasi ragam, seperti ragam santai, baku, usaha, dan resmi, (c) keinginan untuk menafsirkan suatu kata atau istilah yang sulit untuk dijelaskan, (d) faktor lingkungan keluarga.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Amri, S. (2023). BENTUK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA SISWA SMA MA’ARIF NU MAMBAUL ULUM LAMONGAN. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(03), 63–73. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i03.6048