BENTUK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA SISWA SMA MA’ARIF NU MAMBAUL ULUM LAMONGAN

  • Sholihul Amri Universitas Islam Lamongan
Keywords: Alih Kode, Campur Kode, Sosiolinguistik, Pemebelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bentuk dan menjelaskan faktor penyebab terjadinya peristiwa alih kode dan campur kode dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Ma’arif NU Mambaul Ulum Pucuk Lamongan. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini diperoleh dari komunikasi siswa dalam pembelajaran diskusi di kelas. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi kegiatan observasi partisipan pasif pada kegiatan diskusi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan cara teknik simak, catat, dan rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya alih kode dan campur kode saat berdiskusi yang meliputi: (a) alih kode intern dan alih kode ekstern, (b) campur kode bahasa, (c) campur kode yang menggunakan unsur penyisip yang berwujud kata dan frasa, dan (d) campur kode ragam. Faktor-faktor alih kode dan campur kode meliputi: (a) identifikasi peranan sosial, (b) identifikasi ragam, seperti ragam santai, baku, usaha, dan resmi, (c) keinginan untuk menafsirkan suatu kata atau istilah yang sulit untuk dijelaskan, (d) faktor lingkungan keluarga.

References

Anwar, Khaidir. 1990. Fungsi dan Peranan Bahasa : Sebuah Pengantar. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Aslinda, L. S., & Syafyahya, L. (2007). Pengantar sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.
Chaer Abdul dan Leonie Agustina (2004). Sosiolinguistik : Perkenalan Awal Cetakan 2 , Jakarta : Rineka Cipta
Chaer Abdul dan Leonie Agustina (2010). Sosiolinguistik : Perkenalan Awal Edisi Revisi , Jakarta : Rineka Cipta
https://plus.kapanlagi.com/50-kata-kata-hits-kekinian-di-kalangan-anak-muda-bikin-tambah-gaul-d8f177.html diakses pada tanggal 6 November 2023, Pukul 09.10 WIB.
https://www.gramedia.com/best-seller/kata-kata-gaul/#google_vignette diakses pada tanggal 6 November 2023, Pukul 09.04 WIB.
Juariah, Y., Uyun, A., Nurhasanah, O. S., & Sulastri, I. (2020). Campur Kode dan Alih Kode Masyarakat Pesisir Pantai Lippo Labuan (Kajian Sosiolinguistik). Deiksis, 12(03), 327-335.
KBBI online https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses pada tanggal 2 November 2023, Pukul 09.10 WIB.
Lestari, P., & Rosalina, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 11-19.
Meilani, L., Sugiarti, D. H., & Rosalina, S. (2023). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Siniar “Thirty Days Of Lunch” dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Di SMA. SeBaSa, 6(1), 170-183.
Moleong, J Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Munandar, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).
Nugroho, A. (2011). Alih Kode dan campur kode pada komunikasi guru-siswa di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Jurnal (Internet)(http://eprints. uny. ac. id/21918/1/Adi% 20Nugroho% 2007204241039. pdf). diaksestanggal, 28.
Rulyandi, R., Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih kode dan campur kode dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Paedagogia, 17(1), 27-39.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H., Widianti, N., Fitri, F., & Mulyani, S. (2023). Representasi Campur Kode pada Mahasiswa STKIP Singkawang Kalimantan Barat: Kajian Sosiolinguistik. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 133-144.
Szabó, N., & Failasofah, F. (2021). The Effect of Education and Gender on Language Proficiency: A Study of Multilingual Hungarian Young Adults’ Verbal Fluency. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 5(2), 496-509.
Published
2023-12-31
How to Cite
Amri, S. (2023). BENTUK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA SISWA SMA MA’ARIF NU MAMBAUL ULUM LAMONGAN. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(03), 63-73. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6048