ANALISIS NILAI-NILAI MORAL PADA NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE

  • Chica . Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Jumiati Landa Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Kamal . Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Saifullah . Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Karya sastra, Nilai moral, Tere Liye

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel tersebut serta untuk mengetahui strategi pengarang menyampaikan nilai-nilai moral dalam karyanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu teks yang mengandung nilai moral pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Sumber data pada penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Prosedur yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan menggunakan model penelitian Miles dan Huberman  yaitu  reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu ditemukan empat bentuk nilai moral  yang   sesuai  dengan  teori  Rachels,   di antaranya   nilai  moral keberanian sebanyak  bentuk 11, nilai moral kemurahan hati sebanyak 8, nilai moral kejujuran  sebanyak  6  dan  nilai  moral kesetiaan  kepada  keluarga  sebanyak  39. Berdasarkan temuan tersebut, penggunaan  nilai  moral  yang  paling dominan adalah nilai moral kesetiaan. Diketahui penulis Tere Liye banyak menulis karya sastra novel yang banyak berkaitan dengan keluarga. Hal ini dapat berimplikasi terhadap pembaca dengan memperoleh gambaran tentang nilai-nilai yang terkandung dalam setiap karyanya terkhusus nilai moral kesetiaan yang terdapat dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye.

References

Azizah, Ririn Nurul et al. 2022. “Kajian Novel Mata Penakluk Karya Abdullah Wong Dalam Perspektif Psikologi Sastra.” Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi 4(01):1–11. doi: 10.53863/kst.v4i01.455.

B, Milles Matthew, and Huberman A. Michael. n.d. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. International Education and Professional Publisher Thousand Oaks London New Delhi.

Duha, Asfeni et al. 2023. “ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SELEMBAR ITU.” 3(2):56–69.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, M. A. Prof. DR. Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujayana. 2004. “Nilai Moral Tokoh Hanum Dalam Novel Trilogi Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra ( Kajian Moral James Rachels ).” Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1–8.
Murti, Sri, and Siti Maryani. 2017. “Analisis Nilai Moral Novel Bulan Jingga Dalam Kepala Karya M Fadjroel Rachman.” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP) 1(1):50–61. doi: 10.31539/kibasp.v1i1.93.

Nurachmana, Alifiah et al. 2020. “Analisis Nilai Edukatif Dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 1(1):57–66. doi: 10.37304/enggang.v1i1.2462.

Rachel, James. 2004. Filsafat Moral Terjemahan Dari Buku The Elements of Moral Philosophy Oleh A. Sudiarja. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Rachels, James. 1987. The Elements of Moral Philosophy. Vol. 28.

Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salim, and Syahrun. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Published
2024-04-30
How to Cite
., C., Landa, J., ., K., & ., S. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI MORAL PADA NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 17-26. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6757