EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS

Authors

  • Ayu Nur Hasanah Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v9i1.6758

Keywords:

TikTok, Teks Prosedur, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu elemen krusial yang mampu mempengaruhi efektivitas, pemahaman dan antusiasme siswa dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki efektivitas pemanfaatan TikTok sebagai alat pembelajaran dalam konteks teks prosedur. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) memaparkan pemanfaatan TikTok untuk pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP N 3 Pakis; (2) menjelaskan respon peserta didik terhadap pemanfaatan TikTok bagi pembelajaran teks prosedur. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan lembar kerja. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VII sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak positif yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi teks prosedur yaitu dengan nilai rata-rata 89,2. Melalui visualisasi dalam bentuk video, langkah-langkah dalam teks prosedur dapat disajikan dengan lebih jelas dan memikat, memudahkan pemahaman yang mendalam. Penggunaan TikTok juga memperkuat minat peserta didik dalam pembelajaran, karena aplikasi ini merupakan platform yang populer di kalangan generasi muda.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hasanah, A. N. (2024). EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.32938/jbi.v9i1.6758