EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS
DOI:
https://doi.org/10.32938/jbi.v9i1.6758Keywords:
TikTok, Teks Prosedur, Media Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Media pembelajaran adalah salah satu elemen krusial yang mampu mempengaruhi efektivitas, pemahaman dan antusiasme siswa dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki efektivitas pemanfaatan TikTok sebagai alat pembelajaran dalam konteks teks prosedur. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) memaparkan pemanfaatan TikTok untuk pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP N 3 Pakis; (2) menjelaskan respon peserta didik terhadap pemanfaatan TikTok bagi pembelajaran teks prosedur. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan lembar kerja. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VII sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak positif yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi teks prosedur yaitu dengan nilai rata-rata 89,2. Melalui visualisasi dalam bentuk video, langkah-langkah dalam teks prosedur dapat disajikan dengan lebih jelas dan memikat, memudahkan pemahaman yang mendalam. Penggunaan TikTok juga memperkuat minat peserta didik dalam pembelajaran, karena aplikasi ini merupakan platform yang populer di kalangan generasi muda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0