EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS
Abstract
Media pembelajaran adalah salah satu elemen krusial yang mampu mempengaruhi efektivitas, pemahaman dan antusiasme siswa dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki efektivitas pemanfaatan TikTok sebagai alat pembelajaran dalam konteks teks prosedur. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) memaparkan pemanfaatan TikTok untuk pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP N 3 Pakis; (2) menjelaskan respon peserta didik terhadap pemanfaatan TikTok bagi pembelajaran teks prosedur. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan lembar kerja. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VII sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak positif yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi teks prosedur yaitu dengan nilai rata-rata 89,2. Melalui visualisasi dalam bentuk video, langkah-langkah dalam teks prosedur dapat disajikan dengan lebih jelas dan memikat, memudahkan pemahaman yang mendalam. Penggunaan TikTok juga memperkuat minat peserta didik dalam pembelajaran, karena aplikasi ini merupakan platform yang populer di kalangan generasi muda.
References
Aninda Devi, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. 3(1), 2723–8199. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990
Apriyani1, E., & Pratiwi2, W. D. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PORSEDUR KOMPLEKS DI ERA PANDEMI COVID-19 (Vol. 4, Issue 1).
Bonwell, Charles C, & Eison James A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 1991 ASHE-ERIC Higher Education Reports.
Devi, A. A. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-5.
Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). “Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21-26.
Khlaif, Z. N., & Salha, S. (2021). Using TikTok in Education: A Form of Micro-learning or Nano-learning? Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 12(3), 213–218. https://doi.org/10.30476/ijvlms.2021.90211.1087
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). “Project-based learning: A review of the literature”. Improving schools, 19(3), 267-277.
Nugroho, S. A., Rohmawati, L., Rahayu, T., Faik, T., Wicaksono, W., Purwo, A., Utomo, Y., & Prasandha, D. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Media QuizAlize dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Kelas VII. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(2). https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.113
Pratiwi, W. D., & Apriyani, E. (2022). “Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Porsedur Kompleks di Era Pandemi Covid-19”. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 35-41.
Septiari, W. D. (2022). “Keterampilan Menyimak Teks Prosedur Melalui Teknologi Informasi “Tik-Tok”. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(1), 41-48.
Singgih Intan Permadani, Syaiful Bahri, & Indra Prasetia. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 2(1).
Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Susilo, L & R Ismail. (2003). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).
Tiara Hutamy, E., Naila Quin Azisah Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan Pendidikan Ekonomi, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Negeri Makassar, U., & Pettarani Makassar, J. A. (n.d.). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.
Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). “Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0