EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS

  • Ayu Nur Hasanah Universitas Tidar
Keywords: TikTok, Teks Prosedur, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu elemen krusial yang mampu mempengaruhi efektivitas, pemahaman dan antusiasme siswa dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini menyelidiki efektivitas pemanfaatan TikTok sebagai alat pembelajaran dalam konteks teks prosedur. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) memaparkan pemanfaatan TikTok untuk pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas VII SMP N 3 Pakis; (2) menjelaskan respon peserta didik terhadap pemanfaatan TikTok bagi pembelajaran teks prosedur. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan lembar kerja. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VII sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan dampak positif yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi teks prosedur yaitu dengan nilai rata-rata 89,2. Melalui visualisasi dalam bentuk video, langkah-langkah dalam teks prosedur dapat disajikan dengan lebih jelas dan memikat, memudahkan pemahaman yang mendalam. Penggunaan TikTok juga memperkuat minat peserta didik dalam pembelajaran, karena aplikasi ini merupakan platform yang populer di kalangan generasi muda.

References

A Sri. (2008). Media Pembelajaran. UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Aninda Devi, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. 3(1), 2723–8199. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990

Apriyani1, E., & Pratiwi2, W. D. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PORSEDUR KOMPLEKS DI ERA PANDEMI COVID-19 (Vol. 4, Issue 1).

Bonwell, Charles C, & Eison James A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. 1991 ASHE-ERIC Higher Education Reports.

Devi, A. A. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-5.

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.

Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). “Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21-26.
Khlaif, Z. N., & Salha, S. (2021). Using TikTok in Education: A Form of Micro-learning or Nano-learning? Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 12(3), 213–218. https://doi.org/10.30476/ijvlms.2021.90211.1087

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). “Project-based learning: A review of the literature”. Improving schools, 19(3), 267-277.

Nugroho, S. A., Rohmawati, L., Rahayu, T., Faik, T., Wicaksono, W., Purwo, A., Utomo, Y., & Prasandha, D. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Media QuizAlize dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Berita Kelas VII. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(2). https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.113

Pratiwi, W. D., & Apriyani, E. (2022). “Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Porsedur Kompleks di Era Pandemi Covid-19”. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 35-41.

Septiari, W. D. (2022). “Keterampilan Menyimak Teks Prosedur Melalui Teknologi Informasi “Tik-Tok”. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(1), 41-48.

Singgih Intan Permadani, Syaiful Bahri, & Indra Prasetia. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 2(1).

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Susilo, L & R Ismail. (2003). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).

Tiara Hutamy, E., Naila Quin Azisah Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan Pendidikan Ekonomi, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Negeri Makassar, U., & Pettarani Makassar, J. A. (n.d.). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). “Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.
Published
2024-04-30
How to Cite
Hasanah, A. (2024). EFEKTIVITAS APLIKASI TIKTOK: MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 3 PAKIS. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 27-35. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6758