ANALISIS KESALAHAN KONJUNGSI DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KOTA BARU

  • Anika Naniman Universitas Timor
  • Metropoly Merlin J. Libana Universitas Timor
  • Rince Jalla Wabang Universitas Timor
  • JDC Verdial Universitas Timor
Keywords: Konjungsi, Kesalahan, Karangan Narasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan penggunaan konjungsi dalam karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Baru. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat memperhatikan siswa pada kesalahan penulisan dan ketepatan konjungsi dan meningkatkatkan wawasan dalam menulis sebuah karangan narasi, sekaligus sebagai masukan bagi penulis untuk mengasah kemampuan akan bidang kajian yang penulis lakukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang ditemukan oleh para ahli mengenai  analisis kesalaha konjungsi dalam karangan narasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Baru  dalam analisis kesalahan konjungsi dalam karangan narasi dan teknik pengumpulan data berupa (Teknik dokumentasi, baca, tulis dan identifikasi) dengan teknik pengumpulan data tersebut maka penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri Kota kurang mampu menggunakan konjungsi dalam menulis sebuah karangan narasi. Hal ini terbukti dari hasil kesalahan dari 26 siswa semuanya terdapat 34 kasus kesalahan.

References

Amaliah. Fatiha Nurul. 2018. “Analisis Analisis unsur kebahasaan dalam Karangan Teks Prosedur Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jeneponto”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
Amaliyah M, A. (2018). Analisis Penggunaan Konjungsi dalam Karangan Teks Prosedur Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Jeneponto (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Alfiana, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan dalam Karangan Siswa. Prosiding Konferensi Ilmu
Alwi. H. Dkk. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ardiansyah, R. (2018). Pemerolehan Konjungsi Koordinarif dan Subordinatif pada Siswa Sekolah Dasar. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 208-219.
Chaer, (2008) Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, (2011). Tata Bahasa praktis Bahasa Idonesia, Jakarta: Rineka karya
Dalman (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Dewi, C. R. (2011). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Dan Media Gambar Berseri Pada Siswa Vii-C SMP Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012.
Halidjah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Strategi Menulis Terbimbing di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9).
Hidayati, E. (2011). Penggunaan Konjungsi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X MA Husnul Ri’Ayah Situbondo.
Lina, L (2015). Problema Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kegiatan Pengembangan Profesi (Studi Kasus Di MTs Negeri 2 Palangka Raya) (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian. Deepublish.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung. Pariwisata Pedesaan Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan (Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi) Yogyakarta
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Nugroho, K. A. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Memahami Bacaan Dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Gemolong.
Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. UPI Pres.
Rozak, A. (2014). Pengaruh Teknik 3n (Niteni, Niroake, Dan Nambahi) Ki Hajar Dewantara Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa. Repository FKIP Unswagati
Safrudin, R. (2022). Penggunaan Konjungsi Pada Berita Utama Media Cetak Pos Kupang Edisi Bulan Januari Sampai Februari 2022 (Doctoral dissertation, Unika Santu Paulus Ruteng).
Sari’ah, S. M. A. (2003). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas V Sdit Al-Istiqomah Kecamatan Pace Nganjuk Dengan Menggunakan Media Gambar Strategi Peta Konsep.
Semi, (2003) Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. 2007.
Semi, M. Atar. (2003). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Setyawan, W. B. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Model Quantum Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester I SDN Nguter 04 Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Setyawan, A., & Ngalim, A. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi pada Karangan Narasi Siswa Kelas Viii di SMP N 2 Kalijambe Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sinaga, M. et All. (2015). Ketepatan Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Media Cetak: Jurnal Bahasa, 10(2), 176-184.
Sudjana Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tariga., & Lina. (2015). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba dengan Pendekatan Conditional Revenue Model. Jurnal Manajemen Teknologi Vol.14 No.1.
Yasinta, I. N. (2020). Tingkat Keterbacaan Buku T Eks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Siswa Kelas Viii Smpn 24 Tompobulu Kabupaten Maros (Analisis Faktor Gender (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Yuniawan, T. (2014). Model penilaian kinerja dalam pembelajaran membaca berbasis teks narasi bermuatan pendidikan karakater cinta budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2).
Published
2024-04-30
How to Cite
Naniman, A., Libana, M., Jalla Wabang, R., & Verdial, J. (2024). ANALISIS KESALAHAN KONJUNGSI DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KOTA BARU. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 52-67. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6781