KAJIAN EKOKRITIK DALAM CERPEN “PERJANJIAN TERAKHIR DENGAN MBAUREKSA GUNUNG BOGANG” KARYA BONARI NABONENAR

Authors

  • Juanda . Universitas Negeri Makasar
  • Iswan Afandi Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jbi.v9i1.6826

Keywords:

ekokritisisme, cerpen

Abstract

Lingkungan dan sastra merupakan dua aspek yang tidak bisa dipisahkan, karena sastra selalu mengambarkan lingkungan dalam menghidupkan suatu cerita.  Tujuan penelitian ini mengeksplorasi unsur ekokritik dalam cerpen karya Bonari Nabonenar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan unsur ekokritik dalam cerpen. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari cerpen yang dianalisis menggunakan kajian ekokritik. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen Jawa Pos yang berjudul “Perjanjian Terakhir dengan Mbaureksa Gunung Bogang” karya Bonari Nabonenar. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen karya Bonari Nabonenar yang berjudul “Perjanjian Terakhir dengan Mbaureksa Gunung Bogang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur ekokritik yang ditemukan dalam cerpen karya Bonari Nabonenar yang berjudul “Perjanjian Terakhir dengan Mbaureksa Gunung Bogang” terdiri atas empat fenomena lingkungan, yaitu: hutan, bencana, dan perumahan/tempat tinggal, dan binatang. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru dalam keterampilan literasi dan pembentukan karakter peduli lingkungan pada peserta didik dan pemerintah sebagai penentu kebijakan untuk membuat peraturan dalam pelestarian hutan.

References

Abdullah, T., & Zainal, Z. (2012). Exploring Meaning of a Short Story through Envisionment Building. 66, 312–320. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.273

Afandi, I. (2021). Nilai Kearifan Lingkungan dalam Cerpen Bisikan Tanah Melalui Persepsi Mahasiswa (Studi Ekologi Sastra). Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 6(1), 60–76. https://doi.org/https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i1.406

Afandi, I. (2022). Application of Reception Theory and Literary Ecology Through Reading Short Stories on Environmental Themes. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional HISKI, 11, 38–49. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.72

Afandi, I., Anshari, A., Agussalim AJ, A., & Juanda, J. (2024). Local Wisdom Through Online Short Story Literacy as a Means of Marine Conservation. Asian Journal of Social and Humanities, 2(5), 1042–1055. https://doi.org/10.59888/ajosh.v2i5.238

Afandi, I., & Juanda, J. (2023). Revitalisasi Nilai Lingkungan Melalui Literasi Cerpen Digital bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 11–22. https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/6042/1630

Afandi, I., & Juanda, N. (2020a). Fenomena Lingkungan dalam Cerpen Daring Melalui Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Studi Ekokritik). UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 16(2), 119–140. https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2713

Afandi, I., & Juanda, N. (2020b). Nilai Lingkungan dalam Cerpen “Apakah Rumah Kita Akan Tenggelam” Karya Anas S Malo Melalui Tanggapan Mahasiswa (Kajian Ekokritik). Kandai, 16(2), 295–314. https://doi.org/10.26499/jk.v16i2.2326

Canavan, B. (2019). Annals of Tourism Research Tourism-in-literature : Existential comfort , confrontation and catastrophe in Guy De Maupassant ’ s short stories. Annals of Tourism Research, 78(July), 102750. https://doi.org/10.1016/j.annals.2019.102750

Cremin, T., Flewitt, R., Swann, J., Faulkner, D., & Kucirkova, N. (2018). Storytelling and story-acting: Co-construction in action. Journal of Early Childhood Research, 16(1), 3–17. https://doi.org/10.1177/1476718X17750205

Habibi, S. J., & Karbalaei, S. S. (2015). Incredulity towards Global-Warming Crisis : Ecocriticism in Ian McEwan ’ s Solar. 21(1), 91–102.

Honório, H. (2014). Ecological approaches in linguistics : a historical overview. Language Sciences, 41, 122–128. https://doi.org/10.1016/j.langsci.2013.08.001

Hooti, N., & Ashrafian, A. (2014). D.H. Lawrence’s St. Mawr: An ecocritical study. 3L: Language, Linguistics, Literature, 20(2), 31–42. https://doi.org/10.17576/3L-2014-2002-03

Jafni, N. F. S. A., Yahya, W. R. W., & Kaur, H. (2016). Facilitating the grotesque reception and human-nature interrelationship in tunku Halim’s dark demon rising. 3L: Language, Linguistics, Literature, 22(1), 55–66. https://doi.org/10.17576/3l-2016-2201-05

Jiang, B., Deal, B., Pan, H., Larsen, L., Hsieh, C., Chang, C., & Sullivan, W. C. (2017). Landscape and Urban Planning Remotely-sensed imagery vs . eye-level photography : Evaluating associations among measurements of tree cover density. Landscape and Urban Planning, 157, 270–281. https://doi.org/10.1016/j.landurbplan.2016.07.010

Juanda, & Afandi, I. (2024). Assessing text comprehension proficiency: Indonesian higher education students vs ChatGPT. XLinguae, 17(1), 49–68. https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04

Juanda, J., Afandi, I., & Yunus, A. F. (2024). Digital Short Story Literacy and the Character of Environmentally Concerned Students. Journal of Language Teaching and Research, 15(2), 415–427. https://doi.org/10.17507/jltr.1502.10

Juanda, J., Azis, & Afandi, I. (2023). PKM Peduli Lingkungan Guru SMPN Wonomulyo Melalui Cerpen Ekokritik. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.31849/bidik.v4i1.14828

Khosravi, G. D. R. V. and R. M. . (2017). Ecoethical Significance of Wilderness in Pablo Neruda ’ s Selected Poems. GEMA Online® Journal of Language Studies, 17(August), 55–69.

Labrador, B. (2022). Word sketches of descriptive modifiers in children ’ s short stories for teacher training in teaching English as a foreign language. 69. https://doi.org/10.1016/j.linged.2022.101036

Li, J., Vork, S., & Huang, G. (2020). Rethinking ecolinguistics from a distributed language perspective. Language & Communication, 80, 101277. https://doi.org/10.1016/j.langsci.2020.101277

Ng, S., Gonzalez, C., & Wicha, N. Y. Y. (2014). The fox and the cabra : An ERP analysis of reading code switched nouns and verbs in bilingual short stories. Brain Research, 1557, 127–140. https://doi.org/10.1016/j.brainres.2014.02.009

Okumu, N. (2016). Using short Stories in Reading Skills Class. 232(April), 311–315. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.027

Praet, E., Alvarez, J. B.-, Veer, D. De, Holtmann-ahumada, G., Jones, J. S., Langford, S., Michel, J., Schofield, J., Thiel, M., & Wyles, K. J. (2023). Bottle with a message : The role of story writing as an engagement tool to explore children ’ s perceptions of marine plastic litter. 186(December 2022). https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2022.114457

Wardani, N. E. (2022). Representation of Functions of Natural Environment Settings in the Kaba Minangkabau : An Ecocritical Study. GEMA Online® Journal of Language Studies, 22(November).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

., J., & Afandi, I. (2024). KAJIAN EKOKRITIK DALAM CERPEN “PERJANJIAN TERAKHIR DENGAN MBAUREKSA GUNUNG BOGANG” KARYA BONARI NABONENAR. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 83–91. https://doi.org/10.32938/jbi.v9i1.6826