TRENDSETTER BAHASA TABU: EKSPLORASI BAHASA TABU DALAM KONTEN TIKTOK AKUN RAFLY

Authors

  • Ida Firdaus Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Rosita Universitas Ma'arif nahdlatul Ulama Kebumen

Keywords:

Bahasa Tabu, Bentuk, Dampak, Tujuan, TikTok

Abstract

Pesatnya perkembangan era digitalisasi ditandai dengan berkembangnya platform-platform hiburan salah satunya adalah TikTok. Namun tidak semu kontens pempertahtikan dan mempertimbangkan nilai edukasi bagi pendengarnya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memahami kompleksitas penggunaan bahasa tabu di TikTok dengan fokus pada akun Rafly. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode observasi non-partisipatif dan dokumentasi video TikTok sebagai pengambilan data, sementara metode analisis menggunakan pendekatan deskriptif dengan memfokuskan pada bebtuk bahasa tabu. Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu bahasa tabu yang digunakan oleh akun Rafly yaitu ditemukan sebanyak lima belas data dan berasal dari bahasa Jawa, sementara tujuan penggunaan bahasa tabu tersebut yaitu untuk mengritik orang lain sebanyak dua data, merendahkan orang lain sebanyak tujuh data, mengambarkan keadaan sebanyak dua data, dan ungkapan kekesalan sebanyak tiga data. Sementara itu pengaruh terhadap norma sosial yang ditimbulkan dari penggunaan bahasa tabu yaitu Normalisasi bahasa tabu, penguatan identitas sosial dan kelompok, pengurangan sensitivitas terhadap etika berbahasa, provokasi dan pembentukan opini, konflik nilai dan penilaian moral.

Author Biography

Rosita, Universitas Ma'arif nahdlatul Ulama Kebumen

Dosen Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Ma'arif nahdlatul Ulama Kebumen

References

Anggarini, D. T. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi personal branding dalam membangun citra dan popularitas dalam media sosial. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(4).

Citra, A. (2022). Analisis kontrol diri dalam perilaku konsumtif dan aktivitas media penggemar NCT (NCTzen) [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/40566/18321163.pdf?isAllowed=y

Cut Raudhatul Zahbi. (2023). Pemanfaatan TikTok sebagai media pemberitaan konten eksploitasi kemiskinan pada media online Era.id [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73468/1/CUT%20RAUDHATUL%20ZAHBI-%20FDK.pdf

Farobi, M. A., Aminullah, M. A., & Mulyanti, T. (2022). Tabu ungkapan dalam budaya bahasa Jawa Ngapak Banyumasan. Risenologi: Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa, 7(2), 79. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.72.310

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Journal, 10(2), 199.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode penelitian: Pedoman penelitian bisnis dan akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Fershtman, C. 2011. “Taboos and Identity: Considering the Unthinkable” dalam American Economic Journal: Microeconomics. Vol. 3:139—164.

Handayani, D. (2011). Penggunaan bahasa tabu dalam konteks tuturan bahasa Jawa pada masyarakat Jawa Timur (Tesis sarjana, Universitas Airlangga). Universitas Airlangga, Surabaya.

Keraf, G. (1994). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ohoiwutun, P. (2002). Sosiolinguistik: Memahami bahasa dalam konteks masyarakat dan kebudayaan. Jakarta: Kesain Blance.

Rahman, N. I. Z. (2019). Penggunaan kata tabu di media sosial: Kajian linguistik forensik [The use of taboo on social media: Forensic linguistics analysis]. Semiotika, 20(2), 120–128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/index

Soetanto, B. J., Akbar, D. A. H., Anindhyta, E. D. X., Fadlurahman, F., Nurunnisa, I. A., Paramita, M. D., Myrilla, N., & Sholihatin, E. (2023). Penggunaan bahasa tabu oleh Generasi Z Kota Surabaya di media sosial TikTok. *Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan*, 9(2), 294. https://doi.org/ISSN 2621-2676, 2528-0775

Ullmann, Stephen. 2011. Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaim Qashmal, & Ahmadi, D. (2015). Hubungan penggunaan media sosial Instagram terhadap pembentukan citra diri. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Firdaus, I., & Sofyaningrum, R. (2024). TRENDSETTER BAHASA TABU: EKSPLORASI BAHASA TABU DALAM KONTEN TIKTOK AKUN RAFLY. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 01–13. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/7914