The PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI SUPERVISI ADMINISTRATIF

Authors

  • Yoventa Nahak Universitas Timor
  • Ferdinandus Siki Universitas Timor
  • Yanuarius Sani Feka Universitas Timor

Keywords:

pembelajaran Bahasa Indonesia, supervisi administratif, wawancara tertulis, kualitas pendidikan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia melalui supervisi administratif di SMK Negeri Nibaaf, Kabupaten Timor Tengah Utara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya supervisi administratif sebagai sarana peningkatan mutu pembelajaran, khususnya dalam konteks sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara tertulis yang diberikan kepada guru Bahasa Indonesia dan kepala sekolah. Instrumen wawancara dirancang berdasarkan indikator supervisi administratif yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, umpan balik, serta tindak lanjut terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi administratif yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkelanjutan memberikan dampak positif terhadap perbaikan perangkat ajar, strategi pembelajaran, serta kesadaran reflektif guru terhadap praktik mengajarnya. Teknik wawancara tertulis terbukti efektif dalam menjaring informasi mendalam dari responden, serta memberikan fleksibilitas dalam proses analisis data. Kesimpulannya, supervisi administratif yang dilaksanakan secara optimal dengan dukungan teknik wawancara tertulis mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri Nibaaf.

References

Arikunto, S. (2010a). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 20.08 WITA

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson Education.

DisdikbudCMS. (2023). Kendala Mengajar Bahasa Indonesia di Sekolah. DisdikbudCMS. https://disdikbudcms.net/kendala-mengajar-bahasa-indonesia/ diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 9.40 WITA

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (9th ed.). Pearson Education. https://www.amazon.com/SuperVision-Instructional-Leadership-Developmental-Educational/dp/0132852136?utm_source=chatgpt.com

Kebudayaan, K. P. dan. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Kemdikbud. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 9.10 WITA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Laporan tahunan pendidikan di daerah terpencil. https://repositori.kemdikbud.go.id/

Mahasiswa Indonesia. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Efektif: Peran Kepala Sekolah dalam Mendorong Profesionalisme Guru. https://mahasiswaindonesia.id/peningkatan-kualitas-pembelajaran-melalui-supervisi-efektif-peran-kepala-sekolah. diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 15.10 WITA

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Sergiovanni, T. J. (2009). The principalship: A reflective practice perspective (6th ed). Pearson Education. https://www.amazon.com/Principalship-Reflective-Practice-Perspective-6th/dp/0205578586?utm_source=chatgpt.com

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed). Sage Publications. https://www.researchgate.net/publication/308385754_Robert_K_Yin_2014_Case_Study_Research_Design_and_Methods_5th_ed_Thousand_Oaks_CA_Sage_282_pages?utm_source=chatgpt.com. Diunduh pada tanggal 18 Maret 2025, Pukul 18.09 WITA

Downloads

Published

2025-07-27

How to Cite

Nahak, Y., Siki, F., & Feka, Y. S. (2025). The PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI SUPERVISI ADMINISTRATIF. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 1–7. Retrieved from https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JBI/article/view/9893