The PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI SUPERVISI ADMINISTRATIF
Keywords:
pembelajaran Bahasa Indonesia, supervisi administratif, wawancara tertulis, kualitas pendidikanAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia melalui supervisi administratif di SMK Negeri Nibaaf, Kabupaten Timor Tengah Utara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya supervisi administratif sebagai sarana peningkatan mutu pembelajaran, khususnya dalam konteks sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara tertulis yang diberikan kepada guru Bahasa Indonesia dan kepala sekolah. Instrumen wawancara dirancang berdasarkan indikator supervisi administratif yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, umpan balik, serta tindak lanjut terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi administratif yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkelanjutan memberikan dampak positif terhadap perbaikan perangkat ajar, strategi pembelajaran, serta kesadaran reflektif guru terhadap praktik mengajarnya. Teknik wawancara tertulis terbukti efektif dalam menjaring informasi mendalam dari responden, serta memberikan fleksibilitas dalam proses analisis data. Kesimpulannya, supervisi administratif yang dilaksanakan secara optimal dengan dukungan teknik wawancara tertulis mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri Nibaaf.
References
Arikunto, S. (2010a). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 20.08 WITA
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson Education.
DisdikbudCMS. (2023). Kendala Mengajar Bahasa Indonesia di Sekolah. DisdikbudCMS. https://disdikbudcms.net/kendala-mengajar-bahasa-indonesia/ diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 9.40 WITA
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach (9th ed.). Pearson Education. https://www.amazon.com/SuperVision-Instructional-Leadership-Developmental-Educational/dp/0132852136?utm_source=chatgpt.com
Kebudayaan, K. P. dan. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Kemdikbud. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 9.10 WITA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Laporan tahunan pendidikan di daerah terpencil. https://repositori.kemdikbud.go.id/
Mahasiswa Indonesia. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Efektif: Peran Kepala Sekolah dalam Mendorong Profesionalisme Guru. https://mahasiswaindonesia.id/peningkatan-kualitas-pembelajaran-melalui-supervisi-efektif-peran-kepala-sekolah. diunduh pada tanggal 31 Maret 2025, Pukul 15.10 WITA
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Sergiovanni, T. J. (2009). The principalship: A reflective practice perspective (6th ed). Pearson Education. https://www.amazon.com/Principalship-Reflective-Practice-Perspective-6th/dp/0205578586?utm_source=chatgpt.com
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed). Sage Publications. https://www.researchgate.net/publication/308385754_Robert_K_Yin_2014_Case_Study_Research_Design_and_Methods_5th_ed_Thousand_Oaks_CA_Sage_282_pages?utm_source=chatgpt.com. Diunduh pada tanggal 18 Maret 2025, Pukul 18.09 WITA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada Jubindo telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada Jubindo dan Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin Jubindo dan Universitas Timor.
Jubindo dan Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari Jubindo dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh Jubindo: yaitu http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0


