Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE <p><strong>Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen</strong>. telah terdaftar <strong><a href="http://u.lipi.go.id/1455110591">ISSN 2503-3123 (<em>media online</em>)</a>. </strong>Diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univeristas Timor setiap 3 bulan (empat kali setahun). Setiap edisi memuat 5-10 artikel ilmiah. Setiap artikel direview oleh para pakar di bidang disiplin ilmu masing-masing. <strong>Jurnal</strong> <strong>Inspirasi Ekonomi</strong> bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen Pemasaran &nbsp;yang belum penah dipublikasikan dalam jurnal lain. <strong>Jurnal Inspirasi Ekonomi</strong> menerima kiriman artikel yang tertulis dalam bahasa Indonesia Bahasa Inggris. <strong>Bidang Konsentrasi</strong> : Manajemen SDM,Keuangan, Operasional dan Pemasaran</p> en-US syaefudin@unimor.ac.id (Syaefudin Aziz) desmonm23@gmail.com (Desmon R. Manane, S.E., M.M.) Tue, 11 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 THE INFLUENCE OF THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 ON EMPLOYEE PERFORMANCE IN NORTH CENTRAL TIMOR REGENCY WITH COMPETENCE AS A MEDIATION VARIABLE https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7195 <p><em>The purpose of this research is to determine the effect of the industrial revolution 4.0 on employee competence in Timor Tengah Utara Regency, the effect of competence on employee performance in Timor Tengah Utara Regency, the effect of the 4.0 industrial revolution to employee performance in Timor Tengah Utara Regency, and the indirect effect of the 4.0 industrial revolution. To employee performance in Timor Tengah Utara Regency through Competence as a mediation variable. The method used in this study is quantitative with structural equation modeling (SEM) techniques. The number of samples used was 349 employees in North Central Timor Regency. The results of this research indicate that the industrial revolution 4.0 has a positive and significant effect on employee competence in Timor Tengah Utara Regency, Competence has a positive and significant effect to employee performance in Timor Tengah Utara Regency, the industrial revolution 4.0 has positive but not a significant effect on employee performance in Timor Tengah Utara Regency, and the industrial revolution 4.0 indirectly has a positive and significant effect to employee performance in Timor Tengah Utara Regency through Competence as a mediation variable.</em></p> Nurul Huda, Budiman Baso, Syaefudin Aziz, Desmon Redikson Manane ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7195 Tue, 11 Jun 2024 14:00:31 +0000 PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN, MOTIVASI TERHADAP PILIHAN KARIR PAJAK MELALUI MINAT MENGIKUTI BREVET PAJAK SEBAGAI INTERVENING https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6742 <p><em>The purpose of this research is to find out how much influence the cost of education has on social motivation and career motivation in taxation career choices through interest in participating in brevet as an intervening variable at STIE Malangkucecwara(ABM). Data source using primary data and sampling techniques using purposive sampling with the number of samples 105 respondents using SmartPLS 3.0.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The results of the research on the variable costs of education, social motivation and career motivation have no effect on career choices in the field of taxation, while tax brevets can intervene social motivation and career motivation with career choices in the field of taxation</em></p> Dyah Aruning Puspita, Januar Agung Setiawan, Djoko Sugiono ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6742 Wed, 12 Jun 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH HUBUNGAN REKAN, LINGKUNGAN DAN PENGALAMAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7075 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Hubungan rekan, lingkungan dan pengalaman terhadap motivasi kerja karyawan di PR. Pisang Agung, Tumpang Kab. Malang. Dalam penelitian ini, menggunakan sampel yang berjumlah 50 Karyawan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan mengolah data yang diperoleh dari kuesioner setelah terlebih dahulu ditransformasikan ke dalam data numeric (angka) dengan menggunakan skala likert. Data tersebut diolah dengan menggunakan software SPSS . Analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda. Dari hasil koefisien determinasi yang didapat adalah = 0,921 dan besarnya pengaruh antara hubungan rekan, lingkungan dan pengalaman&nbsp; terhadap motivasi kerja karyawan di PR. Pisang Agung&nbsp; sebesar 82,0%. Dari hasil ANOVA menunjukkan bahwa F hitung sebesar 75,607 sedangkan F tabel sebesar 2,81 yang dapat dilihat pada α = 0,05 atau sebesar 5%. Probabilitas siginifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 &lt; 0,05, maka model regresi dapat dikatakan bahwa dalam penelitian ini hubungan rekan, lingkungan, dan pengalaman secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Maka hipotesis dalam penelitian ini dierima.</p> Aminul Amin, Wawan Adi, Imama Zuchroh ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7075 Wed, 12 Jun 2024 06:45:28 +0000 ANALISIS PENGARUH SERVICE PERFORMANCE TERHADAP LOYALITAS DAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA LPD DESA ADAT ANTURAN SINGARAJA-BALI https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7073 <p>Bali terkenal dengan adat istiadatnya yang diatur dalam Desa Pakraman. Desa ini merupakan kesatuan tradisi, tata karma pergaulan hidup dan sosial dalam ikatan hukum adat yang berbeda antara satu desa dengan desa lainnya, yang diberikan hak otonom untuk mengatur kehidupan sosial ekonomi termasuk didalamnya mengatur pengelolaan kekayaan desa adat setempat. Bali dikenal dengan lembaga keuangan yang di atur oleh peraturan desa yang disebut dengan LPD. Pemberian pelayanan yang tepat dan posisioning perusahaan yang tepat akan membuat mereka menjadi pelanggan yang akan merekomendasikan bahkan menjadi pembela perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service performance terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan, dengan mempertimbangkan kehadiran variabel moderating. Variabel moderating yang dipilih adalah kepuasan pelanggan, yang diyakini dapat memperkuat atau melemahkan hubungan antara kinerja pelayanan dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di LPD Desa Adat Anturan Singara-Bali dan analisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional.&nbsp; Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Service Performance merupakan faktor penentu Loyalitas nasabah.Service performance yang baik tidak selalu menghasilkan kepuasan nasabah namun hadirnya kepuasan nasabah sebagai variabel moderator bukan sebagai variabel intervening adalah tepat karena sudah terbukti bahwa kepuasan nasabah mampu memoderate pengaruh Service performance terhadap Loyalitas Nasabah.</p> Zainul Arifin, Sovi Susanti, Agus Salim ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7073 Wed, 12 Jun 2024 07:22:15 +0000 ANALISIS KESEHATAN BANK DI INDONESIA BERDASARKAN RISK BASED BANK RATING SELAMA DAN SETELAH PANDEMI COVID-19 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6773 <p><span class="fontstyle0">This research aims to determine the health of banks in Indonesia during and after the Covid- 19 pandemic. The data source used in this research is secondary data in the form of financial reports of banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2020-2022. To assess the health of banks in this research, a risk assessment approach or Risk Based Bank Rating (RBRR) was used by reviewing the components of the Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital (RGEC) of banking companies. The results of the research show that the health of state-owned banks during the pandemic was declared healthy and after the Covid-19 pandemic was declared very healthy, while the health of National Private Banks during and after the Covid-19 pandemic was declared healthy considering that several banks were in the "Less Healthy" position. The Covid-19 pandemic significantly affects Return On Assets (ROA).</span></p> Enggar Nursasi, Christabel Devina Eva Wijaya Wijaya, Sugeng Hariadi, Lidia Andiani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6773 Wed, 12 Jun 2024 08:52:58 +0000 BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, AND CUSTOMER PERCEIVED VALUE TO INCREASE CONSUMER SATISFACTION AT THE BO5 PERFUME GROCERY STORE https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7181 <p><em>This study aims to see the influence of brand image, product quality, and customer perceived of value in increasing Consumer Satisfaction. Sampling uses Proportional Stratified Random Sampling. The sample taken used as many as 100 respondents who had bought products at the BO5 Perfume Gresik Shop more than once. The method used in this study uses a quantitative method. The type of data used is primary data. The data collection method uses a questionnaire and is processed using the SmartPLS 4 analysis tool. The data analysis technique uses SEM (Structural Equation Modeling). The results of this study show that Brand Image has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction, Product Quality has a negative and insignificant effect on Consumer Satisfaction, Customer Perceived Value has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction. This research is intended to provide suggestions and input to the BO5 Perfume Gresik Shop in order to increase Satisfaction and Loyalty in consumers.</em></p> Nur Mufarokhah, Uswatun Khasanah, Susilo Aji ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7181 Mon, 24 Jun 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS AKUNTANSI PERSEDIAAN DAGANG BERDASARKAN PSAK No. 14 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7184 <p><em>The purpose of this research is to determine the suitability of the application of Accounting Standards regulated in PSAK No. 14 with the company. The type of research used in this research is comparative qualitative descriptive research with three stages, namely (a) interviews, (b) observations and (c) documents. The results of this research show that when recording inventory the company uses a perpetual system, meaning that every transaction that occurs is recorded in a journal.&nbsp; The inventory valuation method uses FIFO (First In First Out), which is a method of recording according to the goods entered first, then those goods will be used or issued or sold first. The company has presented inventory information in financial reports, namely in the balance sheet and profit and loss report, so it can be concluded that the implementation of inventory accounting in the company is in accordance with PSAK no. 14.</em></p> Lailatus Sa'adah, Siti Mayasaroh, Triana Murtiningtyas ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7184 Mon, 24 Jun 2024 02:43:33 +0000 PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT MENABUNG ORANG TUA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SWASTI SARI CABANG KEFAMENANU https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6920 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua, konsumsi,&nbsp; suku bunga, masa depan anak, dan pendidikan orang tua terhadap minat menabung pada koperasi simpan pinjam cabang kefamenanu. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan sebanyak 270 orang dengan sampel terpilih sebanyak 135 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan wawancara secara langsung pada nasabah KSP Swasti sari. Data yang terkumpul diuji terlebih dahulu dengan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, data dianalisis dengan, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendapatan orang tua berpengaruh terhadap minat menabung pada KSP swasti sari cabang kefamenanu 2) konsumsi berpengaruh terhadap minat menabung pada KSP swasti sari cabang kefamenanu 3) suku bunga berpengaruh terhadap minat menabung pada KSP swasti sari cabang kefamenanu 4) masa depan anak berpengaruh terhadap minat menabung pada KSP swasti sari cabang kefamenanu 5) pendidikan orang tua berpengaruh terhadap minat menabung pada KSP swasti sari cabang kefamenanu 6) Pendapatan orang tua berpengaruh terhadap konsumsi pada KSP swasti sari cabang Kefamenanu. 7) Pendapatan orang tua berpengaruh terhadap masa depan anak pada KSP swasti sari cabang Kefamenanu. 8) Pendidikan orang tua berpengaruh terhadap konsumsi pada KSP swasti sari cabang Kefamenanu. 9) Pendapatan orang tua berpengaruh terhadap pendidikan orang tua pada KSP swasti sari cabang Kefamenanu 10) Pendapatan orang tua, konsumsi, suku bunga, masa depan anak dan pendidikan orang tua berpengaruh terhadap Minat menabung pada KSP Swasti sari cabang kefamenanu.</p> Natalia Lily Babulu, Sirilius Seran, Maria Verena Ose ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/6920 Sun, 30 Jun 2024 14:13:56 +0000 PERSEPSI BIAYA MEMODERASI PENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA TIRTA CENDANA KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7082 <p>Perumda Tirta Cendana adalah badan usaha milik Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara, bergerak dalam bidang pelayanan air bersih dan memiliki banyak pelanggan. Para pelanggan berharap agar distribusi air bersih dapat memenuhi kebutuhan baik konsumsi maupun kebutuhan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dimoderasi persepsi biaya terhadap kepuasan pelanggan. Masalah umum yang mejadi fokus penelitian adalah&nbsp; sebagian pelanggan kurang puas dengan pelayanan. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi biaya secara bersama-sama&nbsp; berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan output persamaan pertama, uji hipotesis menunjukan bahwa F-hitung&gt;F tabel&nbsp; ( 9,119&gt;3,11) atau signifikansi hitung&lt; alfa ( 0,000&lt;0,05). Pada output persamaan kedua F-hitung&gt;F-tabel (6,951&gt;3,11 atau signifikansi hitung&lt; alfa ( 0,000&lt;0,05) berarti ada pengaruh secara simultan ketika ada variabel moderasi. Output dari hasil analisis persamaan kedua menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,128&gt;alfa 0,05 berarti variabel persepsi biaya (moderasi) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan kedua model persamaan tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi biaya bukan merupakan variabel moderasi melainkan sebagai variabel independen atau variabel prediktor.</p> Dominikus Kopong Duli, Maximus L. Taolin, Desmon Redikson Manane ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIE/article/view/7082 Sun, 30 Jun 2024 15:12:57 +0000