https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/issue/feed MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika 2023-12-30T07:37:52+00:00 Editor in chief matheduunimor@gmail.com Open Journal Systems <p style="font-family: verdana; font-size: 16px; text-align: justify;">MATH-EDU adalah Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang matematika pendidikan. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Timor tiga kali setahun (April, Agustus, dan Desember) dengan ISSN Online <strong>&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1457970062&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2527-5933</a></strong>. Setiap artikel direview oleh para pakar. MATH-EDU menerima artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dibidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.</p> https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/3648 Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Lingkaran Di SMPN 1 Kefamenanu 2023-12-30T07:37:51+00:00 Maria Angela Christin Tefa angelatefa14@gmail.com Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com Cecilia Novianti Salsinha ceciliasalsinha@unimor.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan penalaran &nbsp;matematis siswa dalam &nbsp;menyelesaikan &nbsp;soal &nbsp;<em>open ended</em> &nbsp;pada materi lingkaran.&nbsp; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian melalui tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Sugiyono, 2019) yaitu reduksi data (<em>data reduction</em>), penyajian data (<em>data display</em>) dan menarik&nbsp; kesimpulan (<em>conclusion</em>). Penelitian ini telah dilaksanakan &nbsp;di SMPN 1 Kefamenanu, pada semester genap&nbsp; tahun pelajaran 2021/2022 dengan subjek&nbsp; penelitiannya adalah para siswa kelas VIII F yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mampu bernalar pada seluruh tahapan&nbsp; penalaran matematis yaitu <em>analyze, generalize, zhyntesize </em>dan<em> justify. </em>Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang mampu bernalar pada tahapan<em> analyze </em>&nbsp;dan <em>generalize. </em>Sedangkan siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah hanya&nbsp; mampu bernalar pada tahap<em> analyze.</em></p> 2023-12-30T07:06:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4369 Eksplorasi Etnomatematika Permainan Tradisional Patok Lele di Insana Barat Pulau Timor 2023-12-30T07:37:51+00:00 Dede Benyamin Erfin Bengu dede@gmail.com Yohanis Ndapa Deda yndapadeda@gmail.com Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com <p>Riset ini bermaksud guna mengekplorasi etnomatematika di Mamsena, Dusun Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Pulau Timor. Tipe Riset yang dipakai merupakan riset kualitatif dengan pendekatan Etnografi. Subjek riset yakni orang yang memainkan game patok lele( Lote) berjumlah 8 anak lakiā€“laki serta wanita yang berumur 7 sampai 14 tahun, 1 orang berusia yang berumur 50 tahun, serta 1 orang guru Matematika selaku informan. Metode pengumpulan informasi yang di maanfaatkan merupakan prinsip pengamatan, prinsip tanya jawab serta pengarsipan. Metode riset lewat langkah perencanaan, penerapan riset adan akhir riset. Metode analisa informasi yang di maanfaatkan merupakan Analisa Domain, Analisa Taksonomi, Analisa Komponensial, serta Analisa Tema Budaya. Hasil analisi informasi yang didapat peneliti yakni peneliti menemukan kalau pada kegiatan patok lele di Dusun Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara( TTU) Pulau Timor ada teori matematika yakni skema bangun ruang berbentuk selinder serta separuh bola, skema bangun latar beupa persegi jauh serta setengah lingkaran, skema jarak, teori operasi jumlah angka beupa penghitungan serta perkalian dan teori probabilitas.</p> 2023-12-30T05:14:48+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4853 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Noebesi 2023-12-30T07:37:51+00:00 Felicia Banu Banu feliciabanu10@gmail.com Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com Yosepha Patricia Wua Laja yosepha@gmail.com <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar berbasis budaya lokal materi Segiempat dan Segitiga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Noebesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model Plomp. Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis budaya lokal, dilakukan pengumpulan data melalui validasi bahan ajar, observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar dan pengisian angket respon oleh siswa. Hasil analisis data yaitu: a) rata-rata hasil validasi bahan ajar oleh ahli materi&nbsp; sebesar 4,48 (kategori baik) dan validasi oleh ahli media sebesar 3,93 (kategori baik), menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria kevalidan; b) rata-rata Tingkat Kemampuan Guru mengelolah pembelajaran pada kedua pertemuan sebesar 4,18 (kategori baik), aktivitas siswa efektif sebesar 4,06(kategori baik), dan dan rata-rata total persentase respon siswa sebesar 92,95% (kategori sangat positif) menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria kepraktisan; c) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 86,95%, menunjukkan bahan ajar berbasis budaya lokal memenuhi kriteria keefektifan. Kesimpulannya, bahan ajar berbasis budaya lokal yang dikembangkan dengan pendekatan etnomatematika ini valid, praktis, dan efektif.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-12-30T05:02:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4892 Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Kelas XI SMAN 1 Jatisari Pada Materi Program Linear 2023-12-30T07:37:51+00:00 Intan Aulia 1910631050016@student.unsika.ac.id Adi Ihsan Imami adi.ihsan@fkip.unsika.ac.id <p>Kompetensi strategis matematis merupakan keterampilan dalam matematika yang meliputi kemampuan memahami permasalahan, merepresentasikan masalah, dan menyelesaikan masalah. Tetapi tidak banyak siswa yang mampu menggunakan kompetensi strategis matematis dalam pembelajaran matematika, khususnya ketika mengerjakan permasalahan berupa soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi strategis matematis siswa kelas XI SMAN 1 Jatisari pada materi program linear. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes kompetensi strategis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17,1% siswa memiliki kompetensi strategis matematis pada kategori tinggi yang ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam memenuhi ketiga indikator kompetensi strategis matematis dengan baik, yang meliputi kemampuan memahami dan mengidentifikasi permasalahan, menyajikan masalah dengan berbagai representasi untuk memecahkan masalah, dan menemukan solusi dari masalah. Sedangkan siswa yang memiliki kompetensi strategis matematis pada kategori sedang sebanyak 54,3% dimana siswa belum mampu memenuhi dua indikator kompetensi strategis matematis secara optimal, yaitu indikator menyajikan masalah dengan berbagai representasi untuk memecahkan masalah dan indikator menemukan solusi dari masalah. Serta 28,6% siswa memiliki kompetensi strategis matematis rendah karena siswa belum mampu memenuhi ketiga indikator dengan baik.</p> 2023-12-30T04:38:53+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4904 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan 2023-12-30T07:37:50+00:00 Febriana Muti Febrianamuti705@gmail.com Zulkaidah Nur Ahzan idhamanieszt@gmail.com Hendrika Bete hendrikabete301192@gmail.com <p>&nbsp;</p> <table width="658"> <tbody> <tr> <td width="168"> <p><strong>Informasi Artikel</strong></p> </td> <td width="18"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> <td width="472"> <p><strong>Abstrak </strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="168"> <p>&nbsp;</p> <p>Revisi:</p> <p>TT BB TTTT</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> </td> <td width="18"> <p>&nbsp;</p> </td> <td rowspan="4" width="472"> <p>Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif <em>Rotating Trio Exchange</em> terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh guru, minat belajar siswa rendah, dan mendapatkan hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Munimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif <em>Rotating Trio Exchange</em> terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan. Teknik pengambilan data melalui data tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel <em>independent</em>. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi <em>Rotating Trio Exchange</em> lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan strategi Ekspositori, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 83 dan kelas kontrol 70. Maka hasil analisis data perhitungan program <em>SPSS versi 17.0 for Windows</em> nilai t<sub>hitung</sub> = 2.318 &gt; t<em><sub>table</sub></em> = 2.042. Dengan demikian nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif <em>Rotating Trio Exchange</em> terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of the Rotating Trio Exchange cooperative learning model on student learning outcomes in class VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan. This research is motivated by the lack of variation in the use of learning models used by teachers, low student interest in learning, and obtaining learning outcomes under the Minimum Mastery Criteria (KKM). This type of research is Quasi Experimental research. The subjects in the study were class VII students of SMP Negeri Satu Atap Baunakan while the object was the effect of the Rotating Trio Exchange cooperative learning model on student learning outcomes in class VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan. Data collection techniques through data on learning outcomes and documentation tests. The data analysis technique used is the independent sample t test. Based on the research that has been done, it shows that the average score of student learning outcomes using the Rotating Trio Exchange strategy is higher than the average score using the Expository strategy, this can be seen from the average score of the experimental class 83 and the control class 70. Then the results of the analysis of the calculation data for the SPSS program version 17.0 for Windows, the value of t<sub>count</sub> = 2,318 &gt; t<sub>table</sub> = 2,042. Thus the value of t<sub>count</sub> &gt; t<sub>table</sub> at a significant level of 5%, then the hypothesis (Ha) is accepted. So it can be concluded that there is an influence of the Rotating Trio Exchange cooperative learning model on student learning outcomes in class VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> <tr> <td width="168"> <p>Diterima:</p> <p>TT BB TTTT</p> <p>&nbsp;</p> <p>Diterbitkan:</p> <p>TT BB TTTT</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> </td> <td width="18"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="168"> <p><strong>Kata Kunci </strong></p> <p>Model Pembelajaran Kooperatif,</p> <p><em>Rotating Trio Exchange</em>,</p> <p>Hasil Belajar</p> <p>&nbsp;</p> </td> <td width="18"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="168"> <p><strong>Keyword</strong></p> <p><em>Cooperative learning model, rotating trio exchange, learning outcomes</em></p> </td> <td width="18"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> </tr> <tr> <td colspan="3" width="658"> <p><strong><em>How to Cite</em></strong><em>: </em>Muti, F. Ahzan, Z.N. &amp; Bete, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif <em>Rotating Trio Exchange</em> Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Baunakan. <em>Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika</em>, vol (no), pp-pp.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2023-12-30T04:31:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4916 Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Gaya Kognitif 2023-12-30T07:37:50+00:00 Maria Sensiana Mau mariasensianamau@gmail.com Aloisius Loka Son aloisiuslokason@unimor.ac.id Cecilia Novianti Salsinha ceciliasalshina@unimor.ac.id <p style="text-align: justify;">This study aims to describe the problem-solving ability profile of junior high school students in class VIII in terms of cognitive styles from Field Independent and Field Dependent cognitive styles. The research method used is descriptive qualitative. This research was conducted in a junior high school in Belu district, in August 2023. The participants in this study were three FD cognitive style students and three FI cognitive style students. The instrument is a set of questions from the problem-solving ability test, the Group Embedded Figure Test, and interviews. The findings show that the profile of students' abilities in solving mathematical problems with the FI cognitive style is categorized as good in understanding the problem, planning the solution, implementing the solution plan, and checking again. Meanwhile, the ability of students with the FD cognitive style is categorized as sufficient at the stage of understanding the problem and planning a solution, and categorized as lacking at the stage of carrying out the settlement plan and looking back.</p> 2023-12-30T02:51:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5056 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pokok Pembahasan Teorema Pythagoras 2023-12-30T07:37:50+00:00 Maria Erlince Bete nmir0214@gmail.com Stanislaus Amsikan stanisamsikan63@gmail.com Justin Eduardo Simarmata justinesimarmata@unimor.ac.id <p><em>The aims of this study was to determine the type of percentage of errors made by students in solving story problems in the Pythagorean theorem material of grade VIII SMPN 2 Insana &nbsp;based on Newman's procedure, knowing the factors causing student errors in solving story problems in the Pythagorean theorem of grade VIII SMPN 2 Insana. This study is a qualitative description research. &nbsp;The subjects in this study were 20 students of SMPN 2 Insana Class VIII. Data collection using the written test method in the form of three question numbers and interviews. The results of this study showed that reading errors 13%, understanding errors 37%, transformation errors 39%, completion process errors 15%, answer writing errors 23%.</em></p> 2023-12-30T02:39:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4777 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran LAPS Heuristic 2023-12-30T07:37:49+00:00 Erlinda Isulis Marissa eimarissa21@gmail.com Arief Agoestanto arief.mat@mail.unnes.ac.id <p>Siswa harus mampu memecahkan masalah matematika agar pembelajarannya berjalan baik dan memenuhi tujuan yang diharapkan. Namun, siswa sekolah menengah masih kekurangan kemampuan ini. Akibatnya, diperlukan model pembelajaran yang sesuai; menggunakan model pembelajaran heuristik LAPS adalah salah satu pilihan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model LAPS Heuristic. Siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kasokandel dijadikan sebagai subjek penelitian dalam penelitian deskriptif kualitatif ini. Model interaktif dari Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis tes dan wawancara yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa rata-rata indikator kemampuan memecahkan masalah matematika berdasarkan Polya sangat baik untuk&nbsp; mengetahui dan memahami masalah serta perencanaan masalah. Sementara banyak siswa yang masih kurang pada indikator <em>mereview</em> jawaban (rata-rata 55,5) dan beberapa siswa masih kurang pada indikator perencanaan pemecahan masalah (rata-rata 80,25).</p> 2023-12-29T17:42:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4776 Setrategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Pendekatan Inovatif 2023-12-30T07:37:49+00:00 Mohammad Nurwahid mohammadnurwahid44@gmail.com <p>Kurikulum Merdeka adalah konsep pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran matematika, internalisasi Kurikulum Merdeka menghadirkan pendekatan inovatif yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep matematika, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan internalisasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika dan strategi implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dari jurnal tentang penerapan Kurikulum Merdeka. Analisis data menggunakan model Miles melalui tiga langkah yaitu pengumpulan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penlitian ini adalah guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika dapat menggunakan beberapa setrategi di antaranya: menerapkan pembelajaran dengan pemilihan metode pembelajaran yang variatif, penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran, kolaborasi dan diskusi dalam kelas, serta penerapan matematika dalam konteks nyata</p> 2023-12-29T17:40:38+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4624 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share 2023-12-30T07:37:49+00:00 Maria Regina Olo nmir0214@gmail.com Justin Eduardo Simarmata justinesimarmata@unimor.ac.id Oktovianus Mamoh oktomamoh01@gmail.com <p><em>The problem in this study is the low ability of students' critical thinking so that students are not able to solve math problems related to critical thinking skills</em><em>.</em> <em>To overcome this problem, the </em><em>think </em><em>pair </em><em>share learning model is applied.</em> <em>This study aims to improve the critical thinking skills of grade VIII junior high school students through the application of the </em><em>think </em><em>pair </em><em>share learning model.</em> <em>This type of research is classroom action research.</em> <em>The results showed that there was an increase in critical thinking skills through the application of the Think Pair Share learning model.</em> <em>The increase in critical thinking skills is seen in the average of each indicator and the percentage of achievement for each indicator.</em> <em>The average critical thinking ability on indicator (1) in cycle I was 2.42, an increase of 2.54, indicator (2) of 1.51, an increase of 1.61, indicator (3) of 2.10, an increase of 2,</em> <em>34, indicator (4) was 1.23 to 1.51 and the percentage of achievement, namely indicator (1) was 80.66% to 84.66%, indicator (2) was 75.50% to 81.00%, indicator (</em> <em>3) by 70.00% to 78.00% and indicator (4) by 65.50% to 75.50%.</em></p> 2023-12-29T17:39:20+00:00 ##submission.copyrightStatement##