MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM <p style="font-family: verdana; font-size: 16px; text-align: justify;">MATH-EDU adalah Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang matematika pendidikan. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Timor tiga kali setahun (April, Agustus, dan Desember) dengan ISSN Online <strong>&nbsp;<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1457970062&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2527-5933</a></strong>. Setiap artikel direview oleh para pakar. MATH-EDU menerima artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dibidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.</p> en-US matheduunimor@gmail.com (Editor in chief) elson44@ymail.com (Aloisius Loka Son) Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Bangun Datar (Persegi Panjang) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6594 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi bangun datar persegi panjang dengan menggunakan penerapan model Pembelajaran Metematika Realistik (PMR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Radha, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur yang berjumlah 11 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart.&nbsp; Model penelitian tindakan ini mengandalkan&nbsp; sistem spiral refleksi diri yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu: <em>Planning </em>(rencana), <em>Action</em> (tindakan), <em>Observing </em>(pengamatan), dan <em>Refleccting </em>(refleksi). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus II. Pada tahapan prasiklus, kemampuan numerasi siswa pada materi bangun datar persegi panjang memperoleh hasil rata-rata sebesar 53,45. Selanjutnya pada siklus 1 dan siklus II, peneliti melakukan tindakan dengan menerapkan model PMR pada materi bangun datar persegi panjang sehingga kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan berturut-turut sebesar 62,27 dan 72,09. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran matematika realistik pada materi bangun datar persegi panjang dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN Radha.</p> Katharina Kedhi, Wilibaldus Bhoke, Maria Carmelita Tali Wangge ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6594 Tue, 30 Apr 2024 05:57:29 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Within-Solution Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6320 <p><em>The problem in this research is the low ability of students to solve mathematical problems because students are less accustomed to solving problem-based questions and also the learning model used is less effective in improving mathematical problem solving abilities. This research aims to see the influence of the Problem Posing learning model of Within Solution Posing type on the mathematical problem solving abilities of class VIII students in cube and block material. This type of research is quasi-experimental research with a non-equivalent control group design. The population in this study were all class VIII students at MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, totaling 73 homogeneous students. The sampling technique in this research was simple random sampling, class VIII C and class VIII D were selected as samples for this research. With the number of students in class VIII C totaling 19 students and class VIII D totaling 18 students. The research instrument used was essay questions to test students' mathematical problem solving abilities using cube and block material in the form of a pretest and posttest. The results obtained show that there is a significant influence on students' mathematical problem solving abilities after being given treatment using the Within Solution Type Problem Posing learning model.</em></p> Ahmad Anis Abdullah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6320 Tue, 30 Apr 2024 05:56:49 +0000 Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A Smp Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6014 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri Oenenu pada materi statistika. </span><span style="vertical-align: inherit;">Sehingga tujuan untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jigsaw. </span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">planing</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ), tindakan ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">acting</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ), observasi ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">observasi</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ), refleksi ( </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">reflecting</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> ). </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jigsaw</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hal ini dapat dilihat dari presentase siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 44,44% dan mengalami peningkatan sebesar 88,89%.</span></span></p> <p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri Oenenu pada materi statistika. </span><span style="vertical-align: inherit;">Sehingga tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. </span><span style="vertical-align: inherit;">Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahapan penelitian yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hal ini terlihat dari persentase pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 44,44% dan meningkat sebesar 88,89%.</span></span></em></p> Petrus Yulianto Gelole, Oktovianus Mamoh, Hendrika Bete ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6014 Tue, 30 Apr 2024 05:55:42 +0000 Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo pada Materi Kongruensi dan Kesebangunan https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5867 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang berlangsung di SMP N 2 Metro Timur, dimana guru hanya menggunakan buku paket ketika mengajar dan belum pernah mengembangkan media yang menarik sehingga siswa menjadi kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti bermaksud untuk mengembangkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo. Penelitian ini merupakan penelitian R&amp;D dengan model penelitian 4D, yang meliputi 4 langkah yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Uji coba dilakukan di SMP N 2 Metro Timur siswa kelas IX.6 dengan 29 siswa.&nbsp; Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli dan angket respons peserta didik. Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Taman Purbakala Pugung Raharjo pada materi kongruensi dan kesebangunan yang layak dan praktis. Hasil validasi LKPD oleh ahli materi memperoleh persentase rata-rata 82,63% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi LKPD oleh ahli media memperoleh persentase rata-rata 91,66% dengan kriteria sangant valid. Sedangkan berdasarkan uji coba yang dilakukan kepada 29 siswa, diperoleh persentase rata-rata respons peserta didik sebesar 84,83% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala yang dikembangkan valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.&nbsp;</p> Zahroul Amelia, Dwi Laila Sulistiowati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5867 Tue, 30 Apr 2024 05:54:32 +0000 Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5645 <p>Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan &nbsp;yang urgen bagi siswa. Karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C salah satu &nbsp;SMP yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Utara yang berjumlah 19 orang. Jenis data yang digunakan &nbsp;adalah &nbsp;data &nbsp;primer&nbsp;yakni data&nbsp; yang &nbsp;diperoleh langsung dari subjek peneliti. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. &nbsp;Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal setiap siklus &nbsp;yaitu siklus I sebesar 68,4%. Hasil observasi aktivitas guru sesuai&nbsp; pengamatan&nbsp; diperoleh rata-rata 2,8 dengan kategori kurang sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata-rata 2,3 dengan kategori kurang. Persentase ketuntasan klasikal pada&nbsp; siklus II sudah meningkat menjadi 89,5%. Hasil observasi aktivitas guru sesuai pengamatan diperoleh rata-rata 4,2 dengan kategori baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 3,8 dengan kategori baik. Direkomendasikan kepada guru matematika agar menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik sebagai salah satu alternatif dan memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa</p> Maria Dolorosa Naiheli, Aloisius Loka Son, Kondradus Yohanes Klau ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5645 Tue, 30 Apr 2024 05:51:24 +0000 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5290 <table> <tbody> <tr> <td width="448"> <p><strong>Abstrak </strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="448"> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis <em>Realistic Mathematic Education</em>&nbsp;(RME) dan rendahnya kemampuan ekspresif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis <em>Realistic Mathematic Education</em>&nbsp;(RME) untuk meningkatkan kemampuan ekspresif matematis peserta didik dengan memperhatikan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya sebagai materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau <em>researchand development</em>&nbsp;(R&amp;D) dengan menggunakan metodologi ADDIE. Populasi target penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Kefamenanu. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik,dan soal <em>pre test</em>&nbsp;dan <em>post test</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan, dengan nilai rata-rata 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil angket praktikabilitas menunjukkan skor rata-rata 97,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil&nbsp;belajar pada aspek keefektifan memenuhi&nbsp;kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar&nbsp;rata-rata ketuntasan individual <em>pre test</em>&nbsp;sebesar 45,33 yang meningkat pada <em>post test</em>&nbsp;sebesar 82,67 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan secara klasikal <em>pre test </em>yakni 45,33 yang meningkat pada <em>post test </em>sebesar 86,67 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid,&nbsp;praktis, dan&nbsp;efektif sehingga dapat&nbsp;digunakan dalam&nbsp;pembelajaran.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Juventianus Kenjam, Selestina Nahak, Justin Eduardo Simarmata ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/5290 Tue, 30 Apr 2024 05:49:49 +0000 Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian pada Siswa Kelas III UPTD SDI Tarawaja https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6590 <p>Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan numerasi dasar yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran, seperti kemampuan mengenal lambang bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat bilangan dan kemampuan menyelesaikan operasi penjumlahan dan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis tes. Analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa yang berada pada level 2 terdiri dari 8 siswa, level 3 sebanyak 3 siswa dan siswa yang berada pada level 4 terdiri dari 3 siswa dari 14 siswa di kelas 111. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja masih rendah dan masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan tetap melaksanakan pembelajaran sesuai level, menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran.</p> <p>&nbsp;</p> Yosefa Veniranda Tai, Maria Carmelita Tali Wangge, Wilibaldus Bhoke, Melkior Wewe ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/6590 Tue, 30 Apr 2024 05:48:07 +0000 Analisis Perbandingan Penyelesaian Soal Matematika Tipe Hots Materi Bangun Ruang Gabungan https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4867 <p><em>Many students are lazy to read HOTS (Higher Order Thinking Skills) type questions which are too complicated so that they increasingly do not understand the meaning of the question and this causes the quality of education, especially in learning mathematics in Indonesia to decline. This study aims to analyze students' errors in solving HOTS type problems in mathematics on combined geometry, especially cubes and blocks. The research method that the author uses is a qualitative descriptive research method. The data collection technique used in this research is a HOTS type of math problem test for combined cube and cuboid building materials, interviews and documentation. The results obtained are a comparison of values with an average of 40.61 from SDN 5 Karanggondang and 51.9 from MI Darul Huda 2 Karanggondang. At the C2 level question, namely solving, class 5 MI Darul Huda 2 students seem superior with 88% of students answering correctly. At the C4 level, namely analyzing there is no significant difference, namely 44% of the abilities of the fifth grade students of SDN 5 and 45% of the fifth grade students' abilities of MI Darul Huda. At the C5 level, namely concluding, comparing and assessing, it shows that the percentage of MI Darul Huda 2 students in correctly answering HOTS type math problems is greater than that of SDN 5 students.</em></p> Ahmat Wakit, Ummi Awwaliyah Af’idatul Hasanah, Istiqomah Istiqomah ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4867 Tue, 30 Apr 2024 05:47:46 +0000 Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMA https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4835 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber atau bahan ajar yang disediakan sekolah, metode ceramah ialah metode yang dipilih guru saat proses belajar. Mengembangkan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI SMA yang valid, praktis serta efektif sebagai tujuan dari penelitian ini. Adapun penggunaan dalam metode penelitian ini ialah penelitian <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan pengembangan model ADDIE. Peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Toapaya dipilih untuk subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, observasi, angket, serta soal tes. Teknis analisis data yang dipakai ialah analisis kualitatif serta kuantitatif. Hasil validasi ahli materi didapati persentase sebesar 90%, hasil validasi ahli media didapati persentase sebesar 91%, dan hasil validasi ahli bahasa didapati persentase sebesar 97,5%. Hasil angket respon pendidik didapati mean sebesar 95% dengan memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan, hasil angket tanggapan siswa didapati mean sebesar 90% dengan mencakup kriteria sangat praktis. Hasil <em>N-gain</em> diperoleh rata-rata sebesar 0,73 didapat bahwa E-LKPD yang dikembangkan dikategorikan peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwasannya, E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual dengan kriteria valid, praktis, serta efektif dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika.</p> Firda Okviani, Mirta Fera, Susanti Susanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4835 Tue, 30 Apr 2024 05:45:20 +0000 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Teorema Pythagoras https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4731 <p>Bahan ajar yang baik memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena bahan ajar yang tepat dapat memotivasi siswa, meningkatkan pemahaman mereka, dan menciptakan pengalaman belajar yang positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan bahan ajar matematika materi teorema Pythagoras. Metode penilitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu salah satu guru matematika di MTsN 6 Kerinci dipilih menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri, pedoman wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum terlalu mempengaruhi hasil belajar yang signifika terhadap siswa, dikarenakan setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan belajar yang berbeda. LKS yang dirancang secara umum mungkin tidak dapat secara efektif menjangkau kebutuhan individu setiap siswa. Serta penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa dan Buku Paket masih statis dan kurang interaktif.</p> Ice Dwi Novelza, Aan Putra, Reri Seprina Anggraini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JIPM/article/view/4731 Tue, 30 Apr 2024 05:44:20 +0000