KINERJA PEMERINTAH KELURAHAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI Studi Kasus di Kelurahan Aplasi Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja pemerintah kelurahan dalam pelayanan administrasi di kelurahan aplasi kecamatan kota kefamenanu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menginterprestasikan kinerja pemerintah kelurahan dalam melayani administrasi di kelurahan aplasi kecamatan kota kefamenanu kabupaten timor tengah utara. (Kinerja) adalah penilaian yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui hasil pekerjaan karyawan dan kinerja organisasi. Disamping itu, juga untuk menentukan pelatihan kerja secara tepat, memberikan tanggapan yang lebihbaik di masa mendatang dan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan dalam hal promosi jabatan dan penentuan dan imbalan. Pemerintah Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa. Berbeda dengan desa, kelurahan memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas.Pelayanan administrasi merupakan pelayanan yang berhubungan dengan tata persuratan administrasi keanggotaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimppulkan bahwa Kinerja Pemerintah Kelurahan Dalam Pelayanan Administrasi sudah berjalan dengan baik tetapi ada kendala-kendala yang penulis temukan mulai dari tahap kemudahan dalam proses pelayanan sampai ketersediaan sara penunjang dalam pelayanan administrasi.