PENDIDIKAN KESEHATAN IBU DAN ANAK BALITA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SEHAT, BERSIH DAN BERBUDAYA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ATAMBUA SELATAN

  • Djulianus Tes Mau Universitas Timor
  • Ni Komang Sriwati Universitas Timor
  • Lusiana Apelagia Lau Universitas Timor
  • Matilda Bano Universitas Timor
  • Anatul Fajriani Umar Universitas Timor
  • Elisabeth Nar Universitas Timor
  • Delfina A Guteres Universitas Timor
  • Venciani Adelia Klau Universitas Timor
Keywords: Pendidikan kesehatan, Kesehatan Ibu dan Anak BALITA

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan kesehatan merupakan bagian dari promosi kesehatan yang mempunyai bentuk intervensi berupa komunikasi, konsultasi, training, umpan balik dan interaksi sehingga dihasilkan motivasi, kemampuan dan penghargaan untuk menghasilkan perilaku yang kondusif terhadap kesehatan. Pendidikan kesehatan yang efektif dapat menggeser norma-norma atau sikap, dan  mempengaruhi nilai-nilai serta dapat pula memberikan keterampilan yang dapat  merubah perilaku atau gaya hidup tertentu supaya mareka dapat memecahkan masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya. Pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Tujuan: Terciptanya pola pikir dan kemampuan masyarakat dalam upaya peningkatan dan pencegahan penyakit, agar terwujudnya  derajat keluarga ibu dan anak balita serta masyarakat  luas yang optimal.

Metode: pola pikir dan kemampuan masyarakat dalam upaya peningkatan dan pencegahan penyakit, agar terwujudnya  derajat keluarga ibu dan anak balita serta masyarakat  luas yang optimal. Pelaksanaan selama 30 hari (1 Maret s.d 1 April 2021)

Hasil: Berdasarkan hasil penimbangan berat badan yang dilakukan pada 42 orang balita didapatkan gizi baik sebanyak 12 orang, gizi sedang 25 orang dan gizi buruk sebanyak 5 orang. Dari keseluruhan Balita yang hadir di ketiga RT masih terdapat 8 orang Balita yang tidak hadir di Posyandu saat kegiatan penimbangan berlangsung. Pelaksanaan kegiatan penimbnagan dilakukan oleh kader posyandu sebanyak 12 orang kader bersama dengan mahasiswa. Kegiatan pendidikan kesehatan diikuti oleh 42 orang ibu dengan anak balita secara tertib dan antusias serta penuh perhatian, ada yang mengajukan pertanyaaan pada saat pemateri menyajikan materi penyuluhan. Dari materi yang disajikan peserta cukup memahami penjelasan tentang penting pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak balita yang telah dilakukan oleh ibu-ibu di posyandu melalui kegiatan penimbangan.

Kesimpulan: Dengan metode pendidikan kesehatan, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan pentingnya tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam tatanan kehidupan keluarga berdasarkan 10 indikator PHBS.

References

A.K. A. Suci Musvita Ayu, Arif Kurniawan, M. Ainul Yaqin Ahsan, “Peningkatan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Sehat,” J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no.1, pp. 20–27, 2018.

Booth, ME., Elder PJ., Graeff AJ., (1993), Komunikasi Untuk Kesehatan dan Perubahan Perilaku, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Cangara (2005), Pengantar Ilmu Komunikasi, PT Radja Grafindo Persada Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi kesehatan dalam Pencapaian Perilaku hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Pusat Promosi Kesehatan.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Promosi Kesehatan: Buku Saku Bidan Poskesdes. Jakarta. Departemen Kesehatan RI.

Green,. WL., & Kreuter, WM., (2000), Health Promotion Planning An Education and Enviromental Approach, Mayfield Publishing Company, Colombia.

Rachimah. T.H.N. 2009. Evaluasi pelaksanaan kampanye sosial perilaku hidup bersih dan sehat untuk menurunkan angka diare di Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Ilmu

Komunikasi, Volume 6, Nomor 1, Juni 2009, UAJY, Yogyakarta. Hal : 65-85.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan semester I. Jakarta : Kemenkes RI

Notoatmodjo, soekidjo. 2011. Kesehatan masyarakat Ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Padila.2013. Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha medika.

Suprajitno. 2014. Asuhan keperawatan Keluarga: Aplikasi dalam Praktik. Jakarta : EGC

Sarwono, S., (1997), Sosiologi Kesehatan : Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Published
2021-08-15